Selasa 14 May 2024 21:40 WIB

Guru Paling Banyak Terjerat Pinjol, Kemendikbudristek Tingkatkan Literasi Keuangan

Pemerintah juga berupaya tingkatkan kesehatan guru.

Rep: Ronggo Astungkoro / Red: Nashih Nashrullah
Pembayaran online/pinjaman online (ilustrasi). Pemerintah juga berupaya tingkatkan kesehatan guru
Foto: Freepik
Pembayaran online/pinjaman online (ilustrasi). Pemerintah juga berupaya tingkatkan kesehatan guru

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA — Guru menjadi kelompok profesi terbesar yang terjerat pinjaman online (pinjol) berdasarkan catatan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada akhir April 2024. Untuk itu, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) akan melakukan peningkatan literasi keuangan para guru di seluruh Indonesia.

“Supaya lebih banyak guru yang teredukasi mengenai perencanaan dan literasi keuangan agar terhindar dari pinjol, terlebih pinjol ilegal,” ucap Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbudristek Nunuk Suryani dalam keterangannya, Selasa (14/5/2024).

Baca Juga

Dia menjelaskan, dalam pelaksanaannya Ditjen GTK Kemendikbudirstek akan berkoordinasi dengan para pemangku kepentingan dan dinas pendidikan terkait. Menurut Nunuk, langkah tersebut diambil karena pihaknya turut berempati dengan kenyataan tersebut.

Nunuk menyatakan, pihaknya terus melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan guru di Indonesia. Maraknya kasus pinjol yang juga menjerat kalangan pendidik, kian menjadi sorotan dan menimbulkan keprihatinan tersendiri.