Rabu 15 May 2024 16:43 WIB

Citra Satelit Tunjukkan Kondisi Rafah Saat Ini, Sedih Banget

Analisis terhadap gambar tersebut juga mengungkapkan bangunan rusak di Rafah.

Red: Friska Yolandha
Gambar satelit yang diambil awal bulan ini memperlihatkan perspektif luar angkasa tentang perang Israel-Hamas yang sedang berlangsung.
Foto: Planet Lab
Gambar satelit yang diambil awal bulan ini memperlihatkan perspektif luar angkasa tentang perang Israel-Hamas yang sedang berlangsung.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gambar satelit yang diambil awal bulan ini memperlihatkan perspektif luar angkasa tentang perang Israel-Hamas yang sedang berlangsung. Video tersebut mencakup adegan sebelum dan sesudah yang menggambarkan warga sipil Palestina yang melarikan diri dari Rafah, pemandangan bangunan yang rusak di wilayah tersebut, dan sejumlah tank Israel.

Selama beberapa bulan terakhir, Pasukan Pertahanan Israel (IDF) telah menghancurkan sebagian besar wilayah tempat tinggal warga sipil Palestina sebagai respons terhadap serangan teroris 7 Oktober, sebuah serangan yang diatur oleh Hamas. Seperti diberitakan Reuters pada 14 Mei, Israel mengatakan Hamas membunuh lebih dari 1.200 orang, sebagian besar warga sipil, dan menawan 253 orang di Gaza.

Baca Juga

Otoritas Kesehatan Palestina mengatakan operasi militer IDF sejak saat itu telah menewaskan lebih dari 35.000 orang, sebagian besar juga warga sipil, dan telah membuat 2,3 juta orang meninggalkan rumah mereka, dilansir Space, Rabu (15/5/2024).

Lebih dari 1 juta pengungsi Palestina berlindung di kota Rafah, sebagian besar dari mereka mengungsi setelah sebagian besar wilayah utara Gaza hancur akibat serangan udara dan darat Israel. IDF baru-baru ini mulai meminta agar para pengungsi juga dievakuasi dari Rafah dan menyarankan tindakan militer yang akan dilakukan di wilayah tersebut meskipun ada peringatan dari sekutu termasuk AS bahwa operasi militer besar-besaran di sana akan berdampak buruk bagi penduduk sipil Palestina.

Beberapa gambar satelit baru-baru ini diambil setelah Pasukan Pertahanan Israel menguasai perbatasan Rafah di Gaza menjelang kemungkinan invasi darat.

photo
Gambar satelit yang diambil awal bulan ini memperlihatkan perspektif luar angkasa tentang perang Israel-Hamas yang sedang berlangsung. - (Planet Lab)
 

Lebih khusus lagi, warga Palestina diperintahkan untuk pindah ke wilayah kemanusiaan yang diperluas di al-Mawasi dan Khan Younis, menurut NPR, yang berada di utara dan barat laut kota tersebut. Citra satelit yang diperoleh Planet Labs menunjukkan luasnya tenda di Rafah pada 5 Mei dan 8 Mei.

Analisis CNN terhadap citra satelit mengidentifikasi beberapa kamp yang menampung populasi pengungsi Gaza yang sangat besar – termasuk kamp utama di Rafah tengah yang menampung ribuan tenda. Mereka menemukan bahwa ukuran kamp-kamp tersebut telah berkurang secara signifikan antara tanggal 7 Mei dan 8 Mei. 

Dari perspektif non-ruang angkasa, wartawan NPR mengatakan mereka melihat orang-orang dengan panik mengemasi barang-barang mereka dan meninggalkan daerah itu dengan berjalan kaki.

The New York Times juga menganalisis citra satelit, menyoroti aspek-aspek seperti kerusakan bangunan yang mencapai lebih dari dua mil ke dalam wilayah dekat perbatasan Rafah dengan Mesir, serta meningkatnya asap di dekatnya dan penempatan tank-tank Israel.

“Meskipun tidak mungkin untuk mengetahui secara pasti apa yang menyebabkan kerusakan yang ditunjukkan dalam citra satelit, banyak dari apa yang dapat dilihat konsisten dengan operasi pembersihan dan operasi darat Israel lainnya di Jalur Gaza,” lapor New York Times. 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement