Kamis 16 May 2024 15:57 WIB

Tantangan yang Dirasakan Single Parent Ketika Membesarkan Anak

Stigma negatif merupakan tantangan terbesar yang didapatkan orang tua tunggal.

Red: Qommarria Rostanti
Orang tua tunggal (ilustrasi). Setidaknya ada empat tantangan besar orang tua tunggal.
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Orang tua tunggal (ilustrasi). Setidaknya ada empat tantangan besar orang tua tunggal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menjadi orang tua tunggal atau single parent dinilai tidak mudah. Orang tua tunggal memegang peran yang sangat menantang ketika mengasuh anak seorang diri. Cukup banyak tantangan yang harus dihadapi sendiri dalam proses mengasuh seorang anak sebagai ibu atau ayah tunggal. 

Praktisi pendidikan anak usia dini dari Rumah Main Cikal Bandung, Yuliani Dwi Astuti atau yang hangat disapa Uli, menyatakan bahwa terdapat empat tantangan yang dirasakan dan dihadapi oleh orang tua tunggal, dari stigma negatif hingga parental burnout. Berikut ini penjelasannya:

Baca Juga

1. Stigma negatif menghampiri dan tak ada support system 

Stigma negatif terhadap orang tua tunggal dalam masyarakat masih menjadi tantangan yang nyata yang dihadapi oleh para orang tua tunggal, baik ayah tunggal atau ibu tunggal. Uli menyebutkan bahwa stigma negatif adalah tantangan terbesar yang membuat para orang tua tunggal harus mengasah ketangguhannya dalam menjalankan peran dengan menambah support system seperti bergabung dalam komunitas orangtua ditambah dengan kekuatan rohani.