Sabtu 18 May 2024 03:30 WIB

Dokter: Olahraga Bantu Perbaiki Kondisi Kesehatan Penderita Diabetes  

Mengangkat beban dapat membantu para penderita diabetes memperbaiki kondisi kesehatan

Red: Gita Amanda
olahraga seperti mengangkat beban dapat membantu para penderita diabetes memperbaiki kondisi kesehatannya. (ilustrasi)
Foto: Dok. www.freepik.com
olahraga seperti mengangkat beban dapat membantu para penderita diabetes memperbaiki kondisi kesehatannya. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga menyatakan olahraga seperti mengangkat beban dapat membantu para penderita diabetes memperbaiki kondisi kesehatannya.

“Dengan berolahraga itu kita bisa mengembangkan massa otot dan meningkatkan otot untuk mengambil insulinnya, atau kalau kita bisa bilang, sensitivitasnya meningkat,” kata dr Andhika Raspati, SpKO dalam temu media di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Baca Juga

Dokter tim nasional balap sepeda Indonesia itu menuturkan diabetes disebabkan oleh kadar insulin yang menumpuk dalam darah akibat tidak bisa diterima oleh organ-organ dalam tubuh lainnya. Dengan berolahraga, otot dalam tubuh dapat jauh berkembang dan kerja massanya lebih meningkat, sehingga gula yang menumpuk bakal lebih mudah terserap dan tidak menumpuk di dalam darah.

Terkait hal ini, penderita diabetes dapat melakukan latihan beban dimulai dari porsi beban yang jauh lebih ringan. Misalnya, dengan mengangkat barbell seberat satu atau dua kilogram atau melakukan push up di tembok.