Sabtu 18 May 2024 16:06 WIB

Marak Komersialisasi Pendidikan, Begini Peringatan Imam Al-Ghazali

Imam Al-Ghazali mengecam pihak-pihak yang menggunakan ilmu untuk mengejar duniawi.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Fitriyan Zamzami
Aksi unjuk rasa dari Serikat Mahasiswa Indonesia (SMI) menuntut perbaikan sistem uang kuliah tunggal (UKT) di depan kampus  UNY), Yogyakarta, Kamis (19/1/2023).
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Aksi unjuk rasa dari Serikat Mahasiswa Indonesia (SMI) menuntut perbaikan sistem uang kuliah tunggal (UKT) di depan kampus UNY), Yogyakarta, Kamis (19/1/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Agama Islam menempatkan ilmu sebagai sesuatu yang sangat penting, bahkan Allah SWT memuliakan orang-orang berilmu. Untuk itu, Muslim disarankan untuk belajar sepanjang hidupnya agar terus mendapatkan ilmu. Islam juga menekankan kepada para pemilik ilmu untuk mengajarkan atau mengamalkan ilmu yang didapatnya kepada orang lain. 

Lantas, bagaimana jika orang yang memiliki ilmu tapi dikomersilkan dengan tujuan untuk meraup harta dunia? Ini pendapat Imam Al-Ghazali dalam Kitab Minhajul Abidin.

Baca Juga

Imam Al-Ghazali menjelaskan betapa pentingnya ilmu, bahkan ilmu lebih mulia dari sekedar ibadah tanpa ilmu. Akan tetapi, Imam Al-Ghazali juga mengingatkan ada bahaya di sekitar ilmu.

Untuk menghadapi berbagai kesulitan dalam menuntut ilmu maka ringankan hati  agar mudah dan ikhlas melakukannya. Ia mewanti-wanti agar ilmu jangan digunakan untuk memperkaya diri sendiri.