Sabtu 18 May 2024 16:54 WIB

Al-Qarawiyyan, Universitas Tertua di Dunia Dibangun Muslim di Afrika

Al-Qarawiyyan dianggap sebagai perpustakaan tertua di Afrika.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Muhammad Hafil
Ilustrasi Kota yang Dibangun Peradaban Islam
Foto: wikipedia
Ilustrasi Kota yang Dibangun Peradaban Islam

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Al-Qarawiyyan adalah perpustakaan yang didirikan pada tahun 859 Masehi di Fez, Maroko, Benua Afrika. Fatima El-Fihriya putri seorang imigran kaya dari Tunisia yang mendirikan Al-Qarawiyyan.

Al-Qarawiyyan dianggap sebagai perpustakaan tertua di Afrika. Perpustakaan ini dianggap berbeda dengan perpustakaan tua lainnya di belahan dunia. Karena perpustakaan ini digunakan terus menerus sejak didirikan.

Baca Juga

El-Fihriya dikenal sebagai seorang sarjana dan wanita Muslim yang taat. Dia memutuskan untuk mendedikasikan warisannya yang banyak untuk kemajuan pendidikan agama dan sains. Dia juga mendirikan pusat pendidikan, perpustakaan, merawat manuskrip kuno tentang teologi, hukum, astronomi, dan tata bahasa yang berasal dari abad ke-7.

Buku-buku dan manuskrip di sana yang paling menonjol adalah Muqaddimah karya Ibn Khaldun dari abad ke-14 dan Alquran dari abad ke-9 yang ditulis dengan kaligrafi Kufik. Selain itu ada sebuah manuskrip di Sekolah Hukum Islam Maliki yang ditulis seorang ahli hukum dan filsuf Spanyol, Ibn Rushd yang hidup di abad ke-12.