Selasa 21 May 2024 12:13 WIB

Pelindo Gandeng Rumah Zakat Gelar Posyandu Lansia di Puskesmas Cilincing

Posyandu digelar untuk memberikan layanan dan edukasi terhadap lansia.

Red: Nora Azizah
PT Pelindo, Rumah Zakat, dan Puskesmas kecamatan Cilincing Kembali menggelar posyandu untuk melakukan kegiatan pemeriksaan rutin dan edukasi Kesehatan bagi lansia, pada Sabtu (17/5/2024).
Foto: Dok. Rumah Zakat
PT Pelindo, Rumah Zakat, dan Puskesmas kecamatan Cilincing Kembali menggelar posyandu untuk melakukan kegiatan pemeriksaan rutin dan edukasi Kesehatan bagi lansia, pada Sabtu (17/5/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Pelindo, Rumah Zakat, dan Puskesmas kecamatan Cilincing Kembali menggelar posyandu untuk melakukan kegiatan pemeriksaan rutin dan edukasi Kesehatan bagi lansia, pada Sabtu (17/5/2024) lalu. Kegiatan ini berlangsung di Kantor RW 09 Kelurahan Cilincing yang dihadiri oleh Wawan Setiawanselaku tenaga Kesehatan puskesmas kelurahan dan sejumlah kader posyandu lansia. Selain itu terdapat 40 lansia yang hadir dan antusias mengikuti berbagai kegiatan yang telah disiapkan. 

Acara yang dimulai pukul 08.00 WIB ini diawali dengan senam pagi bersama yang dipandu oleh kader posyandu, yaitu ibu yanti. Senam pagi bertujuan untuk meningkatkan kebugaran dan semangat para lansia sebelum menjalani kegiatan yang lainnya. 

Baca Juga

Kegiatan dilanjutkan dengan edukasi Kesehatan oleh tenaga Kesehatan puskesmas kelurahan yaitu pak wawan Setiawan. Dalam sesi ini, para lansia diberikan pengetahuan pentingnya menjaga Kesehatan dan melakukan pemeriksaan rutin pada lansia. 

“Saya berharap jika bapak dan ibu disini bersedia selalu datang ke posyandu untuk rutin melakukan pemeriksaan kesehatan agar jika terdapat masalah bisa ditindak lanjuti segera,” ujar Wawan, dikutip dalam keterangan tertulis, Selasa (21/5/2024).

Selain edukasi, ada juga pemeriksaan Kesehatan yang meliputi pengukuran pengukuran antropometri (tinggi badan, berat badan, dan lingkar perut), tekanan darah dan pengecekan gula darah sewaktu. Pemeriksaan ini dilakukan oleh kader dan tenaga Kesehatan puskesmas kelurahan serta dibantu oleh eka nurjanah selaku fasilitator program. 

Kegiatan diakhiri dengan membagikan pemberian makanan tambahan (PMT) Lansia oleh ibu karyati berupa Susu tinggi kalsium. Diharapkan bahwa kegiatan pemberian makanan tambahan (PMT) ini dapat membantu dalam meningkatkan asupan gizi pada lansia. 

Melalui kegiatan ini PT Pelindo bersama Rumah Zakat berharap dapat terus membantu Posyandu Cempaka dalam memberikan pelayanan yang terbaik bagi lansia, sehingga mereka dapat menikmati masa tua yang sehat dan bahagia.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

  • 1 kali
  • 2 kali
  • 3 kali
  • 4 kali
  • Lebih dari 5 kali
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement