Selasa 21 May 2024 22:50 WIB

Bank Dunia Dorong Negara-Negara Prioritaskan Anggaran Sektor Air

Air adalah hal mendasar bagi SDM dan pertumbuhan ekonomi, dan kesejahteraan.

Red: Fuji Pratiwi
Tarmud (65) mengisi jerigen dengan air bersih di depot isi ulang air di kawasan Pademangan, Jakarta Utara, Senin (6/5/2024).
Foto: Republika/Thoudy Badai
Tarmud (65) mengisi jerigen dengan air bersih di depot isi ulang air di kawasan Pademangan, Jakarta Utara, Senin (6/5/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, BADUNG -- Bank Dunia mendorong pemerintah negara-negara di dunia untuk mulai lebih memprioritaskan anggaran sektor air guna mencapai target Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) terkait pemenuhan akses air bersih dan sanitasi bagi semua.

Dorongan itu disampaikan Direktur Global untuk Praktik Air Global Bank Dunia Saroj Kumar Jha pada panel diskusi bertema "Proposing the establishment of Global Water Fund".

Baca Juga

Diskusi itu merupakan bagian dari rangkaian World Water Forum ke-10 yang digelar di Nusa Dua, Badung, Bali, Selasa (21/5/2024).

"Pemerintah perlu memprioritaskan air dan memberikan kepada masyarakat sesuai tema Forum Air Dunia ini -- tentang air untuk kesejahteraan bersama. Bahwa air adalah hal mendasar bagi sumber daya manusia dan pertumbuhan ekonomi, dan kesejahteraan," kata Sharoj.