Rabu 22 May 2024 12:51 WIB

Apakah Semua Planet Memiliki Medan Magnet?

Ada beberapa cara terbaik untuk menentukan apakah planet lain miliki medan magnet.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Friska Yolandha
Planet (ilustrasi).
Foto: Space
Planet (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Salah satu ciri khas Bumi adalah medan magnetnya. Itu membentuk perisai pelindung terhadap partikel berenergi tinggi yang dikeluarkan oleh Matahari dan dengan demikian telah menyediakan tempat yang lebih aman bagi kehidupan untuk tumbuh menjadi organisme kompleks yang kita lihat sekarang. 

Dilansir Space, Rabu (22/5/2024), indikasi-indikasi medan magnet bumi yang paling menakjubkan adalah aurora. Aurora adalah tirai cahaya menari warna-warni yang muncul di dekat kutub Utara dan Selatan selama aktivitas matahari tinggi. 

Baca Juga

Tanda lain bahwa Bumi mempunyai medan magnet adalah kompas menunjuk ke utara di mana pun Anda berada di planet ini. Tetapi bagaimana kita bisa mengetahui apakah planet atau benda lain di tata surya memiliki medan magnet? 

Kita tahu bahwa raksasa gas di tata surya (Jupiter dan Saturnus) dan raksasa es (Uranus dan Neptunus) memiliki medan magnet intrinsik yang kuat. Namun, hal ini sedikit lebih rumit untuk planet kebumian dan bulan, menurut Joseph G. O'Rourke, ilmuwan planet di Arizona State University. 

Bumi, Merkurius, dan bulan Jupiter Ganymede semuanya memiliki medan magnet internal saat ini. O'Rourke mengatakan Mars dan bulan Bumi memiliki batuan-batuan kerak tua yang mengawetkan sisa magnetisasi dari medan magnet yang ada pada awal sejarahnya. Adapun tetangga Bumi lainnya, “Tidak ada magnetisme intrinsik yang terdeteksi di Venus, tapi kami belum mengirimkan instrumen cukup dekat ke permukaan untuk mencari kerak magnet,” tambahnya. 

Agar medan magnet ada di planet atau bulan, sejumlah besar cairan konduktif harus bergerak di dalam benda tersebut. Sebuah benda dapat kehilangan medan magnetnya jika material tersebut berhenti bergerak, atau jika perbedaan suhu antara pemanasan dan pendinginan material-material tidak cukup untuk mendorong konveksi fluida di dalam planet atau bulan, dalam hal ini fluida akan bergerak terlalu lambat, kata O'Rourke. 

Dalam kasus kurangnya magnetosfer di Venus, ada empat kemungkinan, menurut O'Rourke. Gagasan yang diterima secara umum adalah bahwa Venus memiliki inti mirip Bumi yang mendingin terlalu lambat. Karena Venus tidak memiliki lempeng tektonik, bagian dalamnya mungkin mendingin lebih lambat dibandingkan Bumi. 

Kemungkinan alternatifnya adalah....

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement