Rabu 22 May 2024 13:26 WIB

Conmebol Terapkan Kartu Merah Muda untuk Penggantian Pemain Gegar Otak di Copa America

Pemain yang diganti karena gegar otak harus ke ruang ganti atau rumah sakit.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Copa America 2024.
Foto: EPA-EFE/CRISTOBAL HERRERA-ULASHKEVICH
Copa America 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih yang timnya berlaga di Copa America bulan depan akan dapat melakukan pergantian pemain keenam atau tambahan berikutnya jika diduga ada trauma kepala atau gegar otak. Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (Conmebol) mengumumkan keputusan tersebut pada Selasa (21/5/2024). 

Keputusan tersebut berlaku untuk semua kompetisi setelah Copa America dimulai di Amerika Serikat pada 20 Juni. 

Baca Juga

Conmebol mengeluarkan pernyataan yang menyebutkan pelatih perlu memberi tahu wasit atau ofisial pertandingan keempat tentang penggantian gegar otak melalui kartu pergantian pemain berwarna merah muda. Metode serupa diterapkan di Major League Soccer pada tahun 2021 sebagai bagian dari program percontohan FIFA.

Pemain yang meninggalkan lapangan dalam kondisi seperti itu harus pergi ke ruang ganti atau rumah sakit untuk menjalani pemeriksaan.

“Pergantian pemain karena gegar otak akan dilakukan berapa pun jumlah pergantian pemain sampai saat hal itu terjadi,” kata Conmebol. “Saat pergantian pemain karena gegar otak terjadi, otomatis tim lawan diperbolehkan melakukan pergantian pemain tambahan.”

Dokter tim yang mendeteksi dugaan gegar otak atau trauma kepala di lapangan akan memiliki waktu hingga 24 jam untuk mengirimkan laporan medis ke Conmebol.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement