Rabu 22 May 2024 14:38 WIB

Pilgub Jabar akan Segera Diluncurkan Pekan Depan

Peluncuran menandakan dimulainya kontestasi elektoral kepala daerah se-Jabar.

Red: Gita Amanda
Kadiv Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat (Sosdiklih Parmas) KPU Jawa Barat Hedi Ardia menyatakan Pilkada serentak Jabar akan diluncurkan pekan depan.
Foto: Dok istimewa
Kadiv Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat (Sosdiklih Parmas) KPU Jawa Barat Hedi Ardia menyatakan Pilkada serentak Jabar akan diluncurkan pekan depan.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- KPU Jawa Barat akan menggelar acara Peluncuran Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat tahun 2024 di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) ITB, Bandung pada Senin (27/5/24) mendatang. Diharapkan, lewat kegiatan tersebut menjadi penanda dimulainya pelaksanaan kontestasi elektoral kepala daerah di Jawa Barat secara serentak.

Kadiv Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat (Sosdiklih Parmas) KPU Jawa Barat Hedi Ardia mengungkapkan, peluncuran ini menandai langkah awal penting dalam rangkaian proses pemilihan yang akan menentukan pemimpin Jawa Barat selanjutnya. Sedangkan tema yang diusung untuk Pilgub 2024 yakni “Pilgub Jabar 2024 sebagai Inisiasi Budaya Demokrasi”.

Baca Juga

“Kenapa tema itu yang diangkat karena memang kami ingin merevitalisasi budaya sebagai bagian penting dari penguatan nilai-nilai demokrasi. Sejak lama, budaya kita dengan silih asah, silih asih dan silih asuhnya kompatibel dengan nilai universal demokrasi yang menghargai hak orang lain tapi dilupakan. Makanya, Pemilu jadi menyeramkan,” kata Hedi kepada wartawan, Rabu (22/5/2024).

Lewat tema tersebut, diharapkan bisa menjadi ajang edukasi dan partisipasi berdampak positif bagi penguatan sistem demokrasi di Jawa Barat. Karena menurutnya, Pilgub bukan sekadar memilih pemimpin tapi peluang penting untuk mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya partisipasi aktif publik dalam membuat kebijakan. 

Selain itu, lewat peluncuran ini juga pihaknya juga ingin mengingatkan masyarakat akan adanya Pemilihan Kepala Daerah serentak pada 27 November mendatang. Baik Pilgub dan Pilkada serentak ini bukanlah agenda penyelenggara pemilu dan pemerintah semata, tapi semua warga yang dijamin hak konstitusionalnya. 

Disinggung mengenai konsep acara pada kegiatan peluncuran tersebut, Hedi menjelaskan, konsep acara tentu saja menyesuai dengan tema yang diangkat yakni inisiasi budaya. Oleh karenanya, dalam kegiatan tersebut tidak akan lepas dari sentuhan unsur-unsur budaya yang merepresentasikan daerah di Jawa Barat. 

“Pada momen tersebut kami juga akan memperkenalkan maskot dan jingle yang akan digunakan pada perhelatan Pilgub Jabar 2024. Untuk maskotnya sendiri berupa dua maung yang diberi nama Sili dan Wangi yang diambil dari kata Siliwangi,” ujarnya.

Menurut informasi yang diterima, bahwa Harimau sumbu secara historis merupakan simbol Jawa Barat dan TKR Divisi Siliwangi. Hewan ini memiliki warnga bulu yang dominan kuning dengan garis hitam yang mencolok melambangkan keindahan alam Jawa Barat yang subur dan beragam.  

Adapun jinglenya berjudul “Suara Untuk Jawa Barat” ciptaan warga Kab Tasikmalaya. Keduanya (maskot dan jingle) merupakan hasil sayembara yang dilakukan oleh KPU Jawa Barat sejak sebulan lalu. Penentuan pemenang keduanya hasil penilaian dewan juri yang memiliki keahlian dibidangnya masing-masing.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement