Rabu 22 May 2024 21:21 WIB

Jamaah Haji Diimbau Selalu Jaga Kesehatan

Menjaga kesehatan penting dilakukan jamaah haji.

Red: Muhammad Hafil
Jamaah haji (ilustrasi).
Foto: Humas Kemenag Riau
Jamaah haji (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Zainal Arifin Paliwang mengimbau seluruh calon haji untuk senantiasa menjaga kesehatan dan pola hidup sehat, sehingga keseluruhan rangkaian ibadah haji dapat ditunaikan dengan baik dan sempurna.

“Hal ini penting karena ibadah haji merupakan ibadah yang menuntut kesiapan fisik," kata Zainal saat melepas 439 Calon Jamaah Haji (CJH) Kelompok Terbang (Kloter) 5 di Ruang Keberangkatan Bandara Internasional Juwata Tarakan, Selasa.

Baca Juga

Terlebih, lanjutnya, iklim di Arab Saudi berbeda dengan kondisi di Indonesia. Gubernur mengimbau untuk CJH untuk minum air dicampur dengan oralit secara rutin agar tidak terjadi dehidrasi dan jangan menunggu haus.

Gubernur juga mengingatkan para calon haji untuk berhati-hati agar tidak kehilangan barang bawaan. “Selalu jaga diri dan ikuti arahan dari Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) untuk memastikan keamanan dan kelancaran ibadah,” ujarnya.

Pada tahun ini tema haji tetap Haji Ramah Lansia. Oleh karena itu Gubernur berharap seluruh calon  haji dari Kaltara dapat saling menjaga dan membantu di Tanah Suci.

“Saya berharap bapak dan ibu jamaah calon haji dapat memperluas ukhuwah islamiyah dengan sesama jamaah, terutama dengan jamaah lansia. Disiplin mengatur waktu dan mengikuti arahan pembimbing serta petugas haji yang ditunjuk juga sangat penting,” ucapnya.

Zainal juga memberikan arahan kepada para petugas haji, baik dari Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI), Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI), Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI), Petugas Haji Daerah (PHD), dan petugas lainnya, untuk melaksanakan tugas dengan sepenuh hati.

“Lakukanlah tugas sesuai amanah dan tanggung jawab, menjaga komitmen, menjauhkan ego personel dan sektoral, serta menjaga citra baik bangsa dan daerah. Ingat, kedatangan saudara di Tanah Suci adalah untuk melayani jamaah haji dan beriringan dengan tugas yang mulia, saudara juga dapat menunaikan ibadah haji,” pesannya.

Gubernur menitipkan pesan kepada seluruh jamaah calon haji untuk memanjatkan doa bagi Kaltara dan Indonesia.

Berdoalah di tempat-tempat yang mustajab, kata dia, agar Kaltara dan Indonesia senantiasa mendapatkan perlindungan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala (SWT) dan terhindar dari bencana dan mala petaka.

“Saya atas nama Pemprov Kaltara berdoa semoga para jamaah haji dan petugas mendapatkan kemudahan dan kelancaran dalam menjalankan tugas dan ibadahnya. Selamat menunaikan ibadah haji, semoga Allah SWT senantiasa melindungi," katanya.

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement