Kamis 23 May 2024 05:02 WIB

Reaksi Bernada Ancaman dari Israel untuk Norwegia, Irlandia, dan Spanyol

Norwegia, Irlandia, dan Spanyol segera mengakui secara resmi negara Palestina.

Red: Andri Saubani
Anggota kelompok Jaringan Mahasiswa untuk Palestina melakukan protes di luar kantor pusat perusahaan pelayaran dan logistik Israel, di Naples, Italia, (10/5/2024).
Foto: ANSA
Anggota kelompok Jaringan Mahasiswa untuk Palestina melakukan protes di luar kantor pusat perusahaan pelayaran dan logistik Israel, di Naples, Italia, (10/5/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, oleh Andri Saubani, Lintar Satria, Antara

Israel merespons dengan keras terhadap rencana pengakuan resmi Norwegia, Irlandia, dan Spanyol atas negara merdeka Palestina. Tel Aviv pada Rabu (22/5/2024) langsung memanggil diplomat mereka di negara-negara tersebut untuk 'konsultasi mendesak'.

Baca Juga

"Hari ini, Saya mengirim pesan yang tajam kepada Irlandia dan Norwegia: Israel tidak akan diam," kata Menteri Luar Negeri Israel, Israel Katz dikutip Reuters.

Kementerian Luar Negeri Israel pada hari ini mengungah pesan video di X, yang mengingatkan Irlandia, bahwa, "Pengakuan negara Palestina akan meningkatkan risiko membuat Anda berada di tangah Iran dan Hamas," sambil menambahkan, langkah Irlandia mengakui negara Palestina, "Hanya akan menambah bahan bakar ekstremisme dan instabilitas."

Menurut pemerintah Israel, rencana pengakuan terhadap negara Palestina adalah sebuah "hadiah untuk terorisme", yang akan malah mengurangi peluang negosiasi berakhirnya perang di Gaza. Katz bahkan berjanji Pemerintah Israel akan merilis video penculikan lima tentara wanita Israel pada 7 Oktober untuk membuktikan klaim kekejaman Hamas.

Cuplikan video itu, menurut Katz, "membuktikan betapa terpelintirnya keputusan dibuat oleh tiga negara itu."

"Langkah mereka (mengakui negara Palestina) akan mendapatkan konsekuensi yang berat," ujar Katz, menambahkan.

Dikutip the Times of Israel, Menteri Keuangan Israel, Bezalel Smotrich pun menuntut, "hukuman berat" terhadap Otoritas Palestina, sambil mengumumkan bahwa dia akan memangkas transfer dana bagi hasil pajak kepada otoritas tersebut. Smotrich juga menginginkan adanya persetujuan ribuan pendudukan baru di tanah Palestina sebagai aksi balasan atas pengakuan Norwegia, Irlandia, dan Spanyol.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَمِنَ الْاِبِلِ اثْنَيْنِ وَمِنَ الْبَقَرِ اثْنَيْنِۗ قُلْ ءٰۤالذَّكَرَيْنِ حَرَّمَ اَمِ الْاُنْثَيَيْنِ اَمَّا اشْتَمَلَتْ عَلَيْهِ اَرْحَامُ الْاُنْثَيَيْنِۗ اَمْ كُنْتُمْ شُهَدَاۤءَ اِذْ وَصّٰىكُمُ اللّٰهُ بِهٰذَاۚ فَمَنْ اَظْلَمُ مِمَّنِ افْتَرٰى عَلَى اللّٰهِ كَذِبًا لِّيُضِلَّ النَّاسَ بِغَيْرِ عِلْمٍۗ اِنَّ اللّٰهَ لَا يَهْدِى الْقَوْمَ الظّٰلِمِيْنَ ࣖ
Dan dari unta sepasang dan dari sapi sepasang. Katakanlah, “Apakah yang diharamkan dua yang jantan atau dua yang betina, atau yang ada dalam kandungan kedua betinanya? Apakah kamu menjadi saksi ketika Allah menetapkan ini bagimu? Siapakah yang lebih zalim daripada orang-orang yang mengada-adakan kebohongan terhadap Allah untuk menyesatkan orang-orang tanpa pengetahuan?” Sesungguhnya Allah tidak akan memberi petunjuk kepada orang-orang yang zalim.

(QS. Al-An'am ayat 144)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement