Kamis 23 May 2024 12:42 WIB

Cetak Hattrick ke Gawang Leverkusen, Ademola Lookman Berkaca-Kaca

Leverkusen terkapar oleh penampilan satu pemain Atalanta.

Rep: Fitrianto/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Penyerang Atalanta Ademola Lookman merayakan golnya ke gawang Bayer Leverkusen pada final Liga Europa di Dublin Arena atau Stadion Aviva, Dublin, Irlandia, Kamis (23/5/2024) dini hari WIB. Atalanta juara Liga Europa setelah menang 3-0.
Foto: AP Photo/Kirsty Wigglesworth
Penyerang Atalanta Ademola Lookman merayakan golnya ke gawang Bayer Leverkusen pada final Liga Europa di Dublin Arena atau Stadion Aviva, Dublin, Irlandia, Kamis (23/5/2024) dini hari WIB. Atalanta juara Liga Europa setelah menang 3-0.

REPUBLIKA.CO.ID, DUBLIN -- Ademola Lookman mencetak hat-trick yang menakjubkan saat Atalanta mengalahkan Bayer Leverkusen 3-0 di final Liga Europa pada hari Rabu untuk memenangkan trofi utama kedua dalam 117 tahun sejarah mereka dan mengakhiri rekor tak terkalahkan yang luar biasa dari sang juara Jerman.

Lookman, yang berjuang untuk membuktikan diri di Liga Primer Inggris bersama Everton, Fulham dan Leicester City sebelum menghidupkan kembali kariernya di Italia di bawah asuhan pelatih Atalanta, Gian Piero Gasperini, mencetak dua gol dalam 26 menit pertama sebelum mengunci kemenangan 15 menit menjelang bubaran.

Baca Juga

Kemenangan ini mengakhiri upaya Gasperini untuk meraih trofi utama selama dua dekade, ketika tim asuhannya benar-benar mengalahkan Leverkusen asuhan Xabi Alonso - atau 'Neverlusen', yang dijuluki 'Neverlusen', setelah mencatatkan rekor luar biasa dalam 51 pertandingan tak terkalahkan.

Namun, seperti yang mereka lakukan saat menghadapi tim kelas berat Premier League, Liverpool, dan finalis tiga kali Olympique de Marseille di dua babak sebelumnya, Atalanta tidak memberikan kesempatan kepada lawan-lawannya untuk menandai final Eropa pertama mereka dengan kemenangan yang luar biasa.

"Kami harus tampil menyerang, tidak cukup hanya dengan bertahan. Kami tahu tim-tim ini hebat dalam menyerang. Semua orang luar biasa," kata Gasperini kepada Sky Sports Italia, merujuk pada tim-tim yang timnya kalahkan untuk menjadi juara Italia pertama di kompetisi ini sejak Parma 25 tahun lalu.

"Cara kami melakukannya adalah hal yang paling penting, kami pantas mendapatkannya tanpa keraguan sedikit pun melawan tim sekuat itu. Memenangkan Europa League adalah sebuah pencapaian yang luar biasa."

Leverkusen memulai pertandingan dengan tidak percaya diri dan beberapa permainan ceroboh yang tidak seperti biasanya memberikan kesempatan pertama bagi Gianluca Scamacca, yang tidak dapat memaksimalkan sundulannya setelah menerima umpan silang dari Matteo Ruggeri.

Itu merupakan sebuah tembakan peringatan dini dan tim Italia yang memiliki tujuan yang jelas mencetak gol dalam beberapa menit ketika Davide Zappacosta diberi terlalu banyak ruang di sisi kanan sebelum Lookman menaklukkan Exequiel Palacios yang melakukan cut-back untuk mencetak gol pembuka.

Lookman dikerumuni oleh rekan-rekan setimnya dan para pemain pengganti yang seperti berada di alam mimpi 14 menit kemudian.

Kesalahan Leverkusen lainnya memberikan penguasaan bola kepada penyerang Nigeria itu, yang melewati satu pemain bertahan dan melepaskan tendangan melengkung kaki kanan yang indah ke pojok kanan bawah gawang dari luar kotak penalti.

Kubu Jerman yang terkejut menunjukkan kilasan singkat tentang seberapa cepat mereka dapat menghidupkan serangan, namun tidak banyak yang terjadi dan Charles De Ketelaere yang paling dekat dengan gol tersebut saat Atalanta tidak menunjukkan sedikit pun kegugupan di akhir pertandingan atau efek dari absennya sang kapten, Marten de Roon, yang mengalami cidera.

Leverkusen menukar pemain bertahan Josip Stanisic dengan sang pencetak gol terbanyak, Victor Bonifasius, saat turun minum, namun hal itu tidak banyak berubah saat kedua tim yang bertandang tetap menciptakan suasana di Aviva Stadium yang hanya dapat disamai oleh beberapa kemenangan terkenal tim rugby Irlandia atau malam sepak bola internasional yang tak terlupakan di masa lampau.

Leverkusen hanya gagal mencetak gol satu kali selama perjalanan yang menampilkan 42 kemenangan di semua kompetisi dan 17 gol yang dicetak pada atau setelah menit ke-90, tetapi tidak ada kebangkitan seperti itu pada hari Rabu melawan lini belakang Atalanta yang tegas.

"Hal yang normal adalah tidak mengalami kekalahan pada laga ke-52. Biasanya, hal itu terjadi jauh lebih awal di awal musim. Sungguh luar biasa apa yang telah kami raih dan kami harus sangat bangga," ujar Alonso dalam konferensi pers.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement