Kamis 23 May 2024 21:27 WIB

Musim Libur, ASDP Tambah Perjalanan Kapal ke Sabang

ASDP Cabang Banda Aceh menyiapkan dua armada kapal roro ferry.

Red: Ahmad Fikri Noor
Kapal roro mengangkut wisatawan yang berlibur ke Pulau Sabang.
Foto: ANTARA/Ampelsa
Kapal roro mengangkut wisatawan yang berlibur ke Pulau Sabang.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH -- PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menambah frekuensi rute penyeberangan Banda Aceh-Sabang dan sebaliknya hingga menjadi empat trip, dalam melayani lonjakan penumpang yang berwisata ke Sabang saat libur dan cuti bersama perpanjang Hari Raya Waisak 2024 dan akhir pekan.

General Manager PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Banda Aceh Rudy B Hanafiah, Kamis (23/5/2024) mengatakan peningkatan penumpang ke Pulau Weh Sabang mulai terjadi sejak Kamis dan diprediksikan bertahan hingga tiga hari ke depan.

Baca Juga

“Untuk rata-rata penumpang per trip rata-rata sebanyak 252 orang,” kata Rudy di Banda Aceh.

ASDP Cabang Banda Aceh menyiapkan dua armada kapal roro ferry untuk melayani pengunjung ke Sabang saat libur panjang dengan rute penyeberangan Pelabuhan Ulee Lheu, Banda Aceh menuju Pelabuhan Balohan, Sabang atau sebaliknya.

Dua kapal roro ferry tersebut yakni KMP Aceh Hebat 2 dengan kapasitas penumpang 340 orang dan KMP BRR dengan kapasitas 250 orang.

Rudy menjelaskan, penambahan trip penyeberangan kapal dimulai per hari ini, sebagai langkah antisipasi lonjakan arus kendaraan saat libur hari raya Waisak dan libur akhir pekan yang memang menunjukkan peningkatan.

“Penambahan jadwal penyeberangan di rute Ulee lheue-Balohan dikarenakan adanya peningkatan pergerakan wisatawan menuju Sabang yang diperkirakan ada lonjakan antara 15-20 persen,” ujarnya.

Untuk hari normal, lanjut Rudy, kapal ferry roro melayani tiga trip per hari untuk penyeberangan lintasan Ulee Lheue menuju Balohan normal.

Lonjakan memang ada dan sudah diantisipasi. Kalaupun lebih tinggi lagi kami akan menyesuaikannya.

Arus penyeberangan ke Sabang berjalan lancar. Kondisi cuaca masih relatif aman untuk pelayaran. ASDP terus berkoordinasi dengan BMKG untuk mendapatkan perkembangan terbaru terkait cuaca.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement