Kamis 23 May 2024 21:36 WIB

Kerusakan Akibat Banjir di Merauke: 836 Rumah dan 485 Hektar Lahan Terdampak

BNPB menyebut kerusakan rumah akibat banjir masuk klasifikasi ringan hingga sedang

Red: Ichsan Emrald Alamsyah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan sebanyak 836 unit rumah di Kabupaten Merauke, Papua Selatan rusak setelah dilanda banjir akibat cuaca ekstrem yang menerpa daerah itu.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam laporan yang diterima di Jakarta, Kamis, mengatakan ratusan unit rumah tersebut mengalami kerusakan dengan klasifikasi ringan hingga sedang.

“Masing-masing rumah yang terdampak berada di Desa Sumber Mulya, Desa Telaga Sari, Desa Sumber Rejeki dan Desa Wapeko dalam wilayah administrasi Kecamatan Kurik,” kata dia.

Ia menyebutkan, tim gabungan yang terdiri atas BPBD Kabupaten Merauke dan TNI/Polri saat ini masih bersiaga di lokasi bencana untuk melakukan penanganan terhadap dampak kerusakan yang ditimbulkan.

Upaya penanganan tersebut juga dilakukan untuk menormalisasikan lahan pertanian yang terdampak banjir dengan luas total 485 hektare sehingga dapat digarap kembali oleh masyarakat setempat.

“Tim gabungan disiagakan sampai masa tanggap darurat yang ditetapkan oleh Bupati Merauke berakhir,” ujarnya.

Dalam laporan BNPB tidak menyebutkan bagaimana kondisi 2.762 orang warga korban banjir yang terjadi pada Selasa (7/5) lalu, dan apakah saat ini sudah kembali ke rumah masing-masing atau berada di pengungsian.

Kendati demikian, Abdul memastikan pemerintah terus berusaha memenuhi kebutuhan pokok terhadap ribuan warga yang terdampak selama proses normalisasi pascabanjir tersebut dilakukan karena dalam kondisi darurat bencana keselamatan masyarakat adalah hal yang diprioritaskan.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement