Jumat 24 May 2024 02:39 WIB

Sah, Julen Lopetegui Pelatih Baru West Ham, Mulai Bertugas 1 Juli

Lopetegui menggantikan David Moyes sebagai pelatih the Hammers.

Red: Israr Itah
Pelatih baru West Ham United Julen Lopetegui.
Foto: AP Photo/Rui Vieira
Pelatih baru West Ham United Julen Lopetegui.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- West Ham United kini punya pelatih baru untuk musim depan. Klub London itu telah mengangkat Julen Lopetegui sebagai pelatih kepala baru mereka.

Pria Spanyol berusia 57 tahun itu menyetujui kesepakatan dengan The Hammers awal bulan ini. Ia akan menggantikan posisi David Moyes di West Ham. Eks pelatih timnas Spanyol dan Real Madrid ini dikontrak selama dua tahun, dengan opsi untuk tahun ketiga.

Baca Juga

Lopetegui tak menangani tim sejak meninggalkan Wolverhampton Wanderers (Wolves) pada Agustus silam. “Saya merasa sangat bahagia, pertama-tama, bisa menjadi bagian dari masa depan klub besar ini,” ujarnya dikutip dari BBC, Kamis (23/5/2024).

“Kami punya peluang lain tapi saya sangat senang West Ham memilih saya karena saya juga memilih West Ham, jadi kami sangat senang dengan hal ini.”

Awal bulan ini, West Ham mengonfirmasi Moyes, yang bergabung untuk periode keduanya di klub tersebut pada Desember 2019, akan hengkang pada akhir musim ini. Bersama West Ham, Moyes memenangi trofi Liga Konferensi Europa pada 2023.

Pelatih asal Skotlandia berusia 61 tahun itu mendapat tekanan yang semakin besar setelah serangkaian hasil buruk yang membuat The Hammers finis di peringkat kesembilan di Liga Premier. Ia melewatkan musim keempat berturut-turut tampil di Eropa.

Lopetegui secara resmi akan mulai bertugas pada 1 Juli untuk persiapan pramusim. West Ham akan terbang Amerika Serikat dan berada di sana dua pekan. Di Negeri Pamans Sam, The Hammers akan melakoni pertandingan melawan Crystal Palace dan Wolves.

“Saya merasa kami memiliki platform yang fantastis. “Ambisi saya sebagai pelatih adalah untuk selalu menjadi lebih baik dan lebih baik lagi, untuk mencapai tujuan yang lebih besar dan untuk mendorong dan meningkatkan para pemain, tim, dan untuk bersaing karena sepak bola adalah tentang hal ini – untuk bersaing,” kata Lopetegui.

Ia memenangi Liga Europa bersama Sevilla pada tahun 2020, sebelum pindah menangani Wolves pada November 2022 ketika berada di posisi terbawah klasemen Liga Primer Inggris. Dia membawa Wolves naik ke posisi ke-13 tetapi kemudian frustrasi dengan situasi keuangan klub sebelum mengundurkan diri.

“Julen hidup dan bernafaskan sepak bola,” kata direktur teknik West Ham Tim Steidten.

“Dia sangat memikirkan permainan ini, dia cerdik secara taktik dan dia telah menunjukkan bahwa dia dapat beradaptasi untuk bekerja di liga yang berbeda, di negara yang berbeda, dengan tim nasional, dan dalam setiap situasi dia telah menunjukkan kualitasnya yang luar biasa.”

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by West Ham United (@westham)

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
قُوْلُوْٓا اٰمَنَّا بِاللّٰهِ وَمَآ اُنْزِلَ اِلَيْنَا وَمَآ اُنْزِلَ اِلٰٓى اِبْرٰهٖمَ وَاِسْمٰعِيْلَ وَاِسْحٰقَ وَيَعْقُوْبَ وَالْاَسْبَاطِ وَمَآ اُوْتِيَ مُوْسٰى وَعِيْسٰى وَمَآ اُوْتِيَ النَّبِيُّوْنَ مِنْ رَّبِّهِمْۚ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ اَحَدٍ مِّنْهُمْۖ وَنَحْنُ لَهٗ مُسْلِمُوْنَ
Katakanlah, “Kami beriman kepada Allah dan kepada apa yang diturunkan kepada kami, dan kepada apa yang diturunkan kepada Ibrahim, Ismail, Ishak, Yakub dan anak cucunya, dan kepada apa yang diberikan kepada Musa dan Isa serta kepada apa yang diberikan kepada nabi-nabi dari Tuhan mereka. Kami tidak membeda-bedakan seorang pun di antara mereka, dan kami berserah diri kepada-Nya.”

(QS. Al-Baqarah ayat 136)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement