Jumat 24 May 2024 13:07 WIB

863 Calon Jamaah Haji Situbondo Diberangkatkan ke Asrama Haji Sukolilo

Calon jamaah selanjutnya diterbangkan ke Bandara King Abdul Aziz, Jeddah pada Sabtu.

Red: Ani Nursalikah
Pekerja melakukan perawatan salah satu ruangan di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur.
Foto: ANTARA/Zabur Karuru
Pekerja melakukan perawatan salah satu ruangan di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, SITUBONDO -- Sebanyak 863 calon jamaah haji dari Kabupaten Situbondo, Jawa Timur diberangkatkan ke Asrama Haji Sukolilo Surabaya, Jumat (24/5/2024). Calon jamaah selanjutnya diterbangkan ke Bandara King Abdul Aziz, Jeddah melalui Bandara Internasional Juanda pada Sabtu (25/5/2024).

Bupati Situbondo Karna Suswandi melepas keberangkatan calon jamaah haji dari Alun-Alun Situbondo didampingi forum koordinasi pimpinan daerah (forkopimda) setempat.

Baca Juga

BACA JUGA: 8 Amalan Sunnah di Hari Jumat yang Bisa Dikerjakan Umat Islam

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim calon jamaah haji saya berangkatkan, semoga selamat sampai melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci Makkah dan pulang ke Situbondo selamat," kata Bupati Karna Suswandi sembari memberangkatkan belasan bus calon haji.

Ia juga berpesan kepada para calon haji agar menjaga nama baik Indonesia dan Kabupaten Situbondo pada khususnya.

"Titip nama baik Indonesia dan Situbondo. Jangan lupa pula mendoakan semua masyarakat Situbondo semakin sejahtera dan maju sejajar bersama dengan kabupaten lain," kata dia.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Situbondo Fandi menjelaskan 863 calon haji yang diberangkatkan tahun ini dibagi menjadi tiga kelompok terbang, yakni kloter 53, 54, dan 55.

Kloter 53 dan 54 berjumlah 737 calon haji diberangkatkan pada pukul 11.00 WIB oleh Bupati Karna Suswandi, sedangkan kloter 55 berjumlah 139 calon haji diberangkatkan pada pukul 15.00 WIB.

Kelompok terbang 53 dan 54 dijadwalkan tiba pada pukul 19.00 WIB di Asrama Haji Sukolilo Surabaya. Kelompok terbang 55 akan berangkat pada pukul 21.00 WIB.

Ia mengatakan jamaah calon haji akan menginap di Asrama Haji Sukolilo. Kloter 53 berangkat pada pukul 21.00 WIB dari Bandara Juanda, kloter 54 berangkat pukul 22.00 WIB, dan kloter 55 berangkat pukul 23.20 WIB.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
۞ شَرَعَ لَكُمْ مِّنَ الدِّيْنِ مَا وَصّٰى بِهٖ نُوْحًا وَّالَّذِيْٓ اَوْحَيْنَآ اِلَيْكَ وَمَا وَصَّيْنَا بِهٖٓ اِبْرٰهِيْمَ وَمُوْسٰى وَعِيْسٰٓى اَنْ اَقِيْمُوا الدِّيْنَ وَلَا تَتَفَرَّقُوْا فِيْهِۗ كَبُرَ عَلَى الْمُشْرِكِيْنَ مَا تَدْعُوْهُمْ اِلَيْهِۗ اَللّٰهُ يَجْتَبِيْٓ اِلَيْهِ مَنْ يَّشَاۤءُ وَيَهْدِيْٓ اِلَيْهِ مَنْ يُّنِيْبُۗ
diwasiatkan-Nya kepada Nuh dan apa yang telah Kami wahyukan kepadamu (Muhammad) dan apa yang telah Kami wasiatkan kepada Ibrahim, Musa dan Isa yaitu tegakkanlah agama (keimanan dan ketakwaan) dan janganlah kamu berpecah belah di dalamnya. Sangat berat bagi orang-orang musyrik (untuk mengikuti) agama yang kamu serukan kepada mereka. Allah memilih orang yang Dia kehendaki kepada agama tauhid dan memberi petunjuk kepada (agama)-Nya bagi orang yang kembali (kepada-Nya).

(QS. Asy-Syura ayat 13)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement