Jumat 24 May 2024 14:22 WIB

Terkendala Biaya Kuliah? Ini Sejumlah Beasiswa dari Unisba

Unisba menyediaman beragam beasiswa dari pendanaan pemerintah hingga swasta.

Red: Nora Azizah
Universitas Islam Bandung (Unisba) menyediakan beragam beasiswa mulai dari pemerintah hingga swasta.
Foto: Dok. Unisba
Universitas Islam Bandung (Unisba) menyediakan beragam beasiswa mulai dari pemerintah hingga swasta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi memang bukanlah keputusan yang mudah. Banyak faktor yang menjadi pertimbangan, salah satunya biaya. Tidak sedikit juga para lulusan SMA dan sederajatnya yang memutuskan untuk langsung terjun ke dunia kerja, terlebih jika mereka lulusan SMK.

Sebagai penyelenggara pendidikan, perguruan tinggi memiliki tanggung jawab yang besar untuk memberikan bantuan kepada para mahasiswanya yang berprestasi baik bagi yang akan menjadi mahasiswa baru maupun mahasiswa lama namun terkendala biaya kuliah. Universitas Islam Bandung (Unisba) menyediakan beragam beasiswa mulai dari pemerintah hingga swasta.

Baca Juga

Berikut merupakan beasiswa dengan pendanaan yang berasal dari pemerintah melalui dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), yaitu KIP Kuliah Merdeka Kemdikbudristek, KIP Kuliah Kemenag, Beasiswa ADIK Kemdikbudristek, Beasiswa ADIK Kemenag, Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik Kemenag, Beasiswa Unggulan Kemdikbudristek, Beasiswa Pendidikan Indonesia, Beasiswa Indonesia Maju, Bantuan Riset Talenta (BARISTA), Bantuan Karya Ilmiah Kepemudaan Kemenpora.

Selanjutnya beasiswa melalui dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), yaitu Jabar Future Leaders Scholarship (JFLS), Beasiswa Afirmasi Disdik Pemprov Jabar, Bantuan Sosial Mahasiswa RMP Pemkot Bandung, Beasiswa ti Bupati (BESTI) Pemkab Bandung, Beasiswa Pemkab Kayong Utara.

Adapun sumber pendanaan dari institusi pemerintahan non APBN/APBD, diantaranya Beasiswa Cendekia Baznas (BCB), Bantuan Pendidikan BAZNAS, Beasiswa Pendidikan S-1 BAZNAS Kota Cimahi, Beasiswa Talenta BAZNAS Kota Bandung, Beasiswa Riset BAZNAS, Beasiswa Bank Indonesia, BSI Scholarship Insprasi, BRILIAN Scholarship Program.

Selain itu, ada pula beasiswa dengan sumber pendanaan yang berasal dari institusi swasta, antara lain: Beasiswa BCA Finance Peduli, CIMB ASEAN Scholarship, Bantuan Pendidikan Yayasan Bakti Sosial Santoso (PT. SANBE), Djarum Beasiswa Plus, GRABSCHOLAR Program Beasiswa GRAB, THIESS Undergraduate Scholarship Program.

Tidak hanya dari pihak eksternal, Unisba sendiri memiliki tawaran beasiswa yang berasal dari sumber pendanaan internal Unisba sendiri, diantaranya: Beasiswa Baitul Maal Unisba, Beasiswa Mahasiswa Indonesia Timur Unisba, Beasiswa Bina Lingkungan Unisba, Beasiswa Prestasi Unisba, Beasiswa Hafidz Unisba, Bantuan Tugas Akhir Ikatan Alumni Prodi Statistika, Penghargaan Mahasiswa Berprestasi Unisba.

Selain untuk program Sarjana, mahasiswa program Pascasarjana juga dapat mengajukan beasiswa, yaitu: Beasiswa Hafidz Unisba, Jabar Future Leader Scholarship, Beasiswa Riset BAZNAS, Bantuan Riset Talenta (BARISTA), Beasiswa Pendidikan Indonesia, Bantuan Karya Ilmiah Kepemudaan, Beasiswa Indonesia Bangkit, dan Beasiswa Unggulan.

Hingga tahun 2023 ini, mahasiswa Unisba yang menerima beasiswa mencapai 650 orang dengan persentase 3,95 persen dari 16.446 mahasiswa jenjang Sarjana, Magister dan Doktor. Angka tersebut sudah melampaui target capaian yang diberikan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemenristekdikti) di angka 1 persen untuk Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

Mari manfaatkan kesempatan untuk bisa meraih fasilitas beasiswa ini dengan menjadi bagian dari Unisba. Pendaftaran mahasiswa baru Unisba dapat melalui jalur PMDK ataupun USM dibuka secara online melalui laman https://www.unisba.ac.id/, kemudian memilih menu pendaftaran/admission.

Unisba terdiri dari berbagai fakultas dengan rumpun ilmu yang berbeda. Dari rumpun ilmu keagamaan, seperti Fakultas Syariah, Fakultas Dakwah, dan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Rumpun Ilmu Sains seperti Fakultas MIPA dan Fakultas Teknik. Rumpun Ilmu Sosial dan Humaniora seperti Fakultas Hukum, Fakultas Psikologi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, serta Fakultas Ilmu Komunikasi. 

Rumpun ilmu medis Unisba memiliki Fakultas Kedokteran dan Program Studi Farmasi. Lulusan Unisba tidak hanya mampu mengaplikasikan dan mengamalkan kompetensi ilmunya di bidang dunia kerja maupun dunia usaha yang berdaya saing global saja. Tetapi juga, memiliki karakteristik 3M (mujahid, mujtahid dan mujaddid) yang berakhlakul kharimah.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement