Jumat 24 May 2024 15:01 WIB

Pertamina Buka Peluang Sinergi Berbagai Negara, Gaungkan Pelestarian Air di WWF 2024

Lewat program konkret Pertamina puluhan ribu KK telah terima manfaat akses air bersih

Red: Ichsan Emrald Alamsyah
 Direktur Utama Pertamina Persero Nicke Widyawati dan Direktur Utama PNRE John Anis berfoto bersama Perwira-perwira di Booth Pertamina di acara World Water Forum (WWF) 2024, pada selasa (21/5) di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC).
Foto: dok Pertamina
Direktur Utama Pertamina Persero Nicke Widyawati dan Direktur Utama PNRE John Anis berfoto bersama Perwira-perwira di Booth Pertamina di acara World Water Forum (WWF) 2024, pada selasa (21/5) di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Pertamina (Persero) berkomitmen menjaga pelestarian lingkungan berkelanjutan dalam mengimplementasikan bisnisnya. Hal ini digaungkan perseroan melalui kegiatan World Water Forum (WWF) ke-10 tahun 2024 yang terselenggara di Indonesia. 

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso mengatakan Pertamina menunjukkan berbagai upaya dan inovasi yang dilakukan Pertamina Grup secara keseluruhan, dalam kaitannya dengan konservasi air, pelestarian alam dan lingkungan. 

Salah satu program konkritnya adalah dengan menyediakan akses air bersih kepada masyarakat yang memberikan dampak kesejahteraan bagi masyarakat.

“Pertama, program konkret Pertamina melalui penyediaan akses air bersih kepada masyarakat, sudah puluhan ribu KK menerima manfaat akses air bersih ini, ”jelas Fadjar pada kesempatan kegiatan WWF di booth PERTAMINA, Kamis (23/5/2024). 

Menurutnya, upaya tersebut selaras dengan tujuan Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) point keenam dengan memberikan akses air bersih kepada masyarakat. 

photo
Program Desa Energi Berdikari Pertamina di Desa Singapure Selatan. Kilang Pertamina Internasional menggandeng masyarakat memanfaatkan potensi air yang melimpah dan sinar matahari menjadi energi baru terbarukan. - (dok Pertamina)

 

Kedua, lanjut Fadjar, selain komitmen pelestarian air, upaya lainnya dalam menggabungkan komitmen Pertamina adalah pemanfaatan teknologi Pertamina Grup dalam meningkatkan efisiensi penggunaan air dan juga pengolahan limbah agar lebih ramah lingkungan. Pertamina memiliki sistem teknologi pemantauan kualitas air limbah untuk memastikan pengelolaan air dengan kualitas baik bagi lingkungan. 

Ketiga, perluas jaringan dengan membuka peluang kerja sama bagi pemerintah, swasta maupun pemangku kepentingan lainnya bahkan pada kesempatan WWF ini berpeluang perluas kerja sama dari berbagai negara.

Di booth Pertamina, Ia mengatakan respon sangat baik dari perwakilan berbagai negara, bahkan terdapat ketertarikan dari berbagai negara terhadap inovasi Pertamina dalam pengelolaan air dan pelestarian alam. 

“Kami membuka peluang kerja sama dengan pemangku kepentingan di berbagai negara terkait teknologi, maupun inisiatif lain mengenai pelestarian air dan juga konservatif air,”pungkas Fadjar.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَهُوَ الَّذِيْ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ فِيْ سِتَّةِ اَيَّامٍ وَّكَانَ عَرْشُهٗ عَلَى الْمَاۤءِ لِيَبْلُوَكُمْ اَيُّكُمْ اَحْسَنُ عَمَلًا ۗوَلَىِٕنْ قُلْتَ اِنَّكُمْ مَّبْعُوْثُوْنَ مِنْۢ بَعْدِ الْمَوْتِ لَيَقُوْلَنَّ الَّذِيْنَ كَفَرُوْٓا اِنْ هٰذَٓا اِلَّا سِحْرٌ مُّبِيْنٌ
Dan Dialah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, dan ‘Arsy-Nya di atas air, agar Dia menguji siapakah di antara kamu yang lebih baik amalnya. Jika engkau berkata (kepada penduduk Mekah), “Sesungguhnya kamu akan dibangkitkan setelah mati,” niscaya orang kafir itu akan berkata, “Ini hanyalah sihir yang nyata.”

(QS. Hud ayat 7)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement