Jumat 24 May 2024 19:04 WIB

Peran Jokowi di Pemerintahan Baru Dinilai akan Berikan Kepercayaan Internasional

Investasi yang masuk ke Indonesia karena pembangunan dalam negeri yang berkelanjutan.

Red: Muhammad Hafil
Presiden Jokowi dan Menhan Prabowo duduk satu meja.
Foto: Tangkapan Layar
Presiden Jokowi dan Menhan Prabowo duduk satu meja.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Pengamat politik sekaligus peneliti senior Surabaya Survei Center (SSC) Surokim Abdussalam mendukung rencana presiden terpilih Prabowo Subianto menempatkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) setelah purna tugas menjadi penasihat di pemerintahannya.

Surokim mengatakan dunia internasional akan menaruh kepercayaan kepada Prabowo yang didampingi Gibran Rakabuming Raka sebagai wakil presiden khususnya dalam kaitannya dengan investasi yang masuk ke Indonesia karena pembangunan dalam negeri yang berkelanjutan.

Baca Juga

“Dan itu akan menguatkan trust terutama menguatkan trust publik masyarakat tidak hanya masyarakat Indonesia tetapi juga masyarakat internasional karena selama ini kan berganti pemerintah berganti rezim seolah-olah tidak ada sustainability-nya tidak ada keberlanjutannya,” ujar Surokim, Jumat (24/5/2024).

Surokim menambahkan Presiden Jokowi yang memiliki pengalaman selama dua periode memimpin Indonesia sudah seharusnya diposisikan di tempat yang layak agar tumbuh kepercayaan global terhadap keberlanjutan pemerintah sebagaimana janji kampanye Prabowo dulu.