Jumat 24 May 2024 21:23 WIB

Desainer Solo Lorca Biru Jajaki Pasar Interior Domestik Usai Sukses di Australia

Kualitas pabriknya dapat bersaing karena menggunakan konsep human ergonomic.

Rep: Muhammad Noor Alfian Choir/ Red: Gita Amanda
Salah seorang desainer asal Solo Lorca Biru ingin menjajaki pasar domestik desain interior.
Foto: Tangkapan layar Instagram
Salah seorang desainer asal Solo Lorca Biru ingin menjajaki pasar domestik desain interior.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Salah seorang desainer asal Solo Lorca Biru ingin menjajaki pasar domestik desain interior. Inspirasi tersebut ia peroleh setelah sukses dan mendapat penghargaan di Australia. 

Lorca sendiri pernah menyabet penghargaan Most Exclusive Furniture Design Company 2024 di Australia. Penghargaan ini diberikan oleh APAC Insider dalam event Australian Enterprise Award 2024. 

 

Salah satu alasan Lorca merintis pabrik kayu lantaran melihat tren positif perkembangan desain interior di Indonesia. Dimana masyarakat mulai sadar bawah interior rumah bukan hanya soal fungsionalnya namun juga estetika.

 

Kendati kesadaran masyarakat mulai tumbuh, Lorca mengatakan banyak konsumen yang kesulitan memperoleh pilihan produk yang baik dari kayu lapis. Oleh sebab itu ia ingin mencangkok program kerja pabrik ya yang telah sukses di Australia ke Indonesia.

 

"Kami ingin menciptakan barang bagus dan berkualitas. Termasuk cara kerja kami di market Australia, itu yang ingin kami bawa ke Indonesia," katanya. 

 

"Saya ingin coba menggarap pasar domestik agar kualitas produk yang ada di sini lebih baik lagi dari yang sudah ada," katanya. 

 

Pabrik milik desainer asal Solo tersebut juga tak banyak pekerja. Hanya ada 5-6 orang dan selebihnya didominasi mesin. Namun, untuk efisiensi, jumlah hingga kualitas pabriknya dapat bersaing karena menggunakan konsep human ergonomic. 

 

"Konsep kami memang menggunakan sistem dengan jumlah pegawai tidak begitu banyak, tapi bisa menghasilkan kuantitas yang banyak. Konsistensi produk yang sangat tinggi, bukan padat karya. Seperti kemarin kita mengerjakan proyek 1.200 meter persegi hanya dengan 5 orang saja," katanya. 

 

"Jadi satu item itu maksimal di handle dua orang, jangan membuat item yang tidak bisa diangkat dua orang, artinya itu terlalu berat. Kasihan punggungnya. Ini cara kerja yang juga kami salon dari Australia," katanya mengakhiri. 

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement