Sabtu 25 May 2024 00:24 WIB

Benarkah Cinta pada Pandangan Pertama Itu Nyata? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Ada beberapa kesalahpahaman umum tentang cinta pada pandangan pertama.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
 Cinta pada pandangan pertama (ilustrasi).
Foto: Republika/Prayogi
Cinta pada pandangan pertama (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak film komedi romantis memiliki adegan di mana tokohnya jatuh cinta pada pandangan pertama. Hal ini tanpa sadar telah ditanamkan dalam diri banyak orang sejak usia muda. Namun, apakah cinta pada pandangan pertama benar-benar ada?

Psikolog klinis Carla Marie Manly menjelaskan bahwa gagasan "cinta pada pandangan pertama" sebenarnya merupakan konsep kuno. Hal itu didasarkan pada keyakinan bahwa seseorang dapat merasakan hubungan romantis yang mendalam dengan orang lain setelah pertama kali berjumpa dengan orang tersebut.

Baca Juga

"Banyak orang ingin percaya pada 'cinta pada pandangan pertama', karena konsep tersebut memenuhi kerinduan alami manusia akan cinta romantis yang memang 'sudah ditakdirkan'," ungkap Manly, dikutip dari laman Best Life Online, Jumat (24/5/2024). 

Penulis buku The Joy of Imperfect Love itu menjelaskan bahwa cinta pada pandangan pertama berbeda dengan ketertarikan fisik yang kuat terhadap seseorang saat pertama melihatnya. Perbedaan utama antara keduanya terletak pada kedalaman dan durasinya.