Sabtu 25 May 2024 05:08 WIB

World Water Forum, ICW Ingatkan Korupsi Tata Kelola Air di Indonesia

ICW imbau pemerintah cegah korupsi tata kelola air.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Erdy Nasrul
[Ilustrasi] korupsi.
Foto: republika
[Ilustrasi] korupsi.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Indonesia Corruption Watch (ICW) mengingatkan betapa berbahayanya korupsi di sektor tata kelola air. ICW mengkhawatirkan korupsi di sektor itu bakal berakibat fatal bagi kehidupan masyarakat Indonesia. 

Hal itu disampaikan Peneliti ICW Diky Anandya menyangkut penyelenggaraan Forum Air milik Rakyat Sedunia (People’s Water Forum – PWF) yang mendapatkan ancaman dari aparat negara dan aktor non negara. PWF merupakan wadah bagi kelompok masyarakat sipil yang mengkritisi Forum Air Sedunia (World Water Forum) yang diselenggarakan oleh pemerintah atas dasar kepentingan modal tanpa melibatkan warga secara penuh. 

Baca Juga

"Padahal secara prinsip, akses terhadap air merupakan bagian dari hak asasi manusia yang pemenuhannya wajib dijamin oleh negara," kata Diky dalam keterangan pers pada Jumat (23/5/2024). 

Diky menekankan represivitas oleh negara bukan tanpa sebab. Diky meyakini pemerintah merupakan pihak yang memiliki kepentingan untuk mendapatkan akses modal agar dapat membangun sejumlah proyek infrastruktur penyediaan dan pengelolaan air.