Sabtu 25 May 2024 06:00 WIB

Sudirman Said Terang-terangan Siap Maju pada Pilgub Jakarta 2024

Saya mau mengurus 40 persen warga paling bawah, ingin ikut menata kampung Jakarta.

Rep: Eva Rianti/ Red: Erik Purnama Putra
Eks Menteri ESDM, Sudirman Said (tengah) siap maju Pilgub Jakarta 2024.
Foto: Republika/ Nawir Arsyad Akbar
Eks Menteri ESDM, Sudirman Said (tengah) siap maju Pilgub Jakarta 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Eks Wakil Kapten Tim Nasional Anies Rasyid Baswedan-Abdul Muhaimin Iskandar (Timnas Amin) pada Pilpres 2024, Sudirman Said mengakui, dirinya berniat untuk memimpin Jakarta. Hal itu seiring dengan adanya dorongan dari sejumlah masyarakat yang menginginkannya maju pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta 2024. Dia pun mengaku siap jika memang ada sejumlah partai politik (parpol) yang meminangnya. 

"Ketika sampai pada peran-peran publik, setiap warga negara harus siap atau boleh bersiap, kalau memang dia punya minat. Saya di posisi kalau diminta saya bersiap," ujar Sudirman kepada wartawan, usai acara diskusi dengan para seniman bertajuk 'Peduli Negeri Mencari Pemimpin Terbaik' di bilangan Jakarta Selatan, Jumat (23/5/2024) malam WIB. 

Sudirman menekankan, bersiap dengan apapun kemungkinan yang terjadi, entah bakal dijagokan ataupun sebaliknya, tidak diperhitungkan. Yang jelas, dia menyerahkan, hal itu kepada parpol karena sudah memutuskan tidak jadi maju lewat jalur independen. 

"Kalau saya, partai silakan memutuskan, saya menyediakan diri. Kalau ditanya apakah berminat ya tentu saja karena saya ingin membantu warga berbenah. Mau mengurus 40 persen warga paling bawah (miskin), ingin ikut menata kampung. Jadi lebih kepada dorongan untuk berkontribusi," jelas Sudirman.