Sabtu 25 May 2024 13:42 WIB

Climateworks: Energi Ramah Lingkungan Jadi Fondasi Menuju NZE

Jika harus memilih, membangun sistem pasokan energi nol emisi ialah yang utama.

Red: Fuji Pratiwi
Pembangunan pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) untuk mendukung energi keberlanjutan (ilustrasi).
Foto: Republika.co.id
Pembangunan pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) untuk mendukung energi keberlanjutan (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, MELBOURNE -- CEO Climateworks Centre, Anna Skarbek menilai sistem energi ramah lingkungan menjadi fondasi bagi Indonesia mencapai target nol emisi karbon atau Net Zero Emissions (NZE) pada 2060.

"Jadi, sistem energi ramah lingkungan adalah fondasi yang sangat substansial bagi Indonesia untuk mencapai tujuan net zero emissions," kata Anna saat berbincang dengan media asal Indonesia di Melbourne, Australia, kemarin.

Baca Juga

Pernyataan itu dikatakan Anna terkait pertanyaan mengenai sektor mana yang harus diutamakan Indonesia untuk mendapatkan hasil yang singkat terkait target NZE.

Menurut anggota Dewan Penasihat Badan Ekonomi Net Zero Australia itu, untuk mencapai target NZE harus didahulukan semua sektor, seperti transisi pembangunan, transportasi, dan industri yang ramah lingkungan. Namun, Anna menilai ketika harus memilih, membangun sistem pasokan energi nol emisi menjadi fondasi, sehingga akan memungkinkan terciptanya rantai pasokan, produksi, manufaktur, transportasi, dan udara bersih.