Ahad 26 May 2024 10:16 WIB

Cerita Paus Fransiskus tentang Penderitaan Orang Gaza Palestina

Paus Fransiskus berharap Palestina kembali damai.

Rep: mgrol 151/ Red: Erdy Nasrul
Paus Fransiskus memegang patung Bayi Yesus saat memimpin Misa Malam Natal, di Basilika Santo Petrus di Vatikan, Sabtu, 24 Desember 2022.
Foto: AP/Gregorio Borgia
Paus Fransiskus memegang patung Bayi Yesus saat memimpin Misa Malam Natal, di Basilika Santo Petrus di Vatikan, Sabtu, 24 Desember 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dunia berduka ketika menyaksikan kehidupan di Gaza. Kota yang semula tertata dengan berbagai infrastruktur di dalamnya, sekarang luluh lantak akibat dibom habis-habisan oleh Militer Israel.

Paus Fransiskus mengungkapkan kekhawatiran mendalamnya terhadap kondisi Gaza, wilayah yang terus menerus dilanda konflik dan penderitaan.

Baca Juga

Paus Fransiskus, sebagai pemimpin Gereja Katolik dan Kepala Negara Vatikan melalui salah satu wawancara, menceritakan bahwa setiap malam ia mendapatkan kabar dari paroki di Gaza tentang kondisi Gaza yang hingga saat ini merasa kesulitan untuk menyambung kehidupannya. 

"Setiap malam pukul 19.00 waktu setempat, saya menelepon pengurus gereja di Gaza. Di sana ada 600 orang . Mereka bercerita kepada saya tentang apa yang terjadi di sana. Ini sangat memprihatinkan, situasi di sana sangat sulit. ketika makanan tiba di sana, orang-orang bergegas mengambilnya, dan itu sangat mengiris hati," kata Paus dalam sebuah tayangan di Twitter.

"Saya dengar beberapa hari yang lalu mereka gembira karena menyantap olahan daging yang nikmat. setelah itu mereka kembali dalam keterbatasan, mereka makan olahan tepung. Terkadang mereka kelaparan. Dan mereka memberitahuku banyak hal, ada banyak penderitaan di sana," kata Paus. 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَوْ تَقُوْلُوْا لَوْ اَنَّآ اُنْزِلَ عَلَيْنَا الْكِتٰبُ لَكُنَّآ اَهْدٰى مِنْهُمْۚ فَقَدْ جَاۤءَكُمْ بَيِّنَةٌ مِّنْ رَّبِّكُمْ وَهُدًى وَّرَحْمَةٌ ۚفَمَنْ اَظْلَمُ مِمَّنْ كَذَّبَ بِاٰيٰتِ اللّٰهِ وَصَدَفَ عَنْهَا ۗسَنَجْزِى الَّذِيْنَ يَصْدِفُوْنَ عَنْ اٰيٰتِنَا سُوْۤءَ الْعَذَابِ بِمَا كَانُوْا يَصْدِفُوْنَ
atau agar kamu (tidak) mengatakan, “Jikalau Kitab itu diturunkan kepada kami, tentulah kami lebih mendapat petunjuk daripada mereka.” Sungguh, telah datang kepadamu penjelasan yang nyata, petunjuk dan rahmat dari Tuhanmu. Siapakah yang lebih zalim daripada orang yang mendustakan ayat-ayat Allah dan berpaling daripadanya? Kelak, Kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang berpaling dari ayat-ayat Kami dengan azab yang keras, karena mereka selalu berpaling.

(QS. Al-An'am ayat 157)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement