Ahad 26 May 2024 18:45 WIB

Kesederhanaan Nabi Muhammad dan Kagumnya Mahatma Ghandi

Mahatma Ghandi kagum dengan kesederhanaan Nabi Muhammad.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Muhammad Hafil
Mahatma Ghandi mengagumi Nabi Muhammad.
Foto: gandhifoundation.org
Mahatma Ghandi mengagumi Nabi Muhammad.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Mahatma Gandhi ternyata menyimpan kekaguman kepada Nabi Muhammad SAW. Gandhi sendiri adalah tokoh terkemuka dalam sejarah gerakan kemerdekaan India yang dikenal karena pendekatannya yang tidak menggunakan kekerasan.

Dalam setiap aktivitasnya, Gandhi mengadvokasi prinsip-prinsip kebebasan, keadilan, dan perdamaian. Dia memimpin gerakan kemerdekaan India melalui aksi demonstrasi damai dan perlawanan sipil yang bertujuan untuk membebaskan India dari penjajahan Inggris.

Baca Juga

Pendekatan Gandhi yang terkenal dengan istilah Satyagraha, atau kebenaran yang kuat, menekankan pentingnya kebenaran moral dan keadilan sebagai senjata yang lebih kuat daripada kekerasan. Namun, pada 9 Agustus 1942, Mahatma Gandhi dan 50 orang lainnya ditangkap di Bombay setelah melakukan sebuah kampanye 'keluar dari India' oleh Kongres All-India.

Di balik kisah perjalanan Mahatma Gandhi di negaranya, dia mengagumi Nabi Muhammad SAW, dan penasaran dengan sosok Nabi Muhammad SAW yang memiliki begitu banyak pengikut.