Senin 27 May 2024 18:41 WIB

2 Hal yang Harus Dilakukan Jamaah demi Kelancaraan Penyelenggaraan Haji

Pemerintah harus memperkuat kolaborasi untuk menyukseskan penyelenggaraan haji.

Red: Erdy Nasrul
Jamaah Haji Indonesia di Makkah
Foto: republika
Jamaah Haji Indonesia di Makkah

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta kembali memberangkatkan jamaah dari daerah ini menuju Asrama Haji Donohudan, Boyolali, Jawa Tengah, Minggu.

"Ada sebanyak 112 calon haji dan tujuh petugas haji yang tergabung dalam kloter 54 SOC yang diberangkatkan dari Masjid Agung Dr Wahidin Soedirohoesodo Sleman menuju Donohudan," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Sleman Susmiarto saat melepas keberangkatan jamaah dari Sleman.  

Baca Juga

Menurut dia, pemberangkatan calon jamaah haji kloter 54 SOC ini merupakan pemberangkatan ketiga dari Kabupaten Sleman.

"Sampai dengan hari ini total sementara calon haji dan petugas haji yang telah diberangkatkan kurang lebih sebanyak 1.199 orang," katanya.

Pada kesempatan tersebut Susmiarto juga mengucapkan selamat kepada para jamaah yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci.

"Demi kelancaran menjalankan ibadah haji, para calon haji agar selalu menjaga kesehatan serta mengikuti segala arahan dari para petugas haji," katanya.

Ia juga berharap para jamaah calon haji dapat menjaga akhlak dan nilai-nilai kebaikan sebagai duta dari Kabupaten Sleman, serta dapat menjaga nama baik Kabupaten Sleman, dan Indonesia pada umumnya.

"Nanti saat wukuf di Arafah Pemerintah Kabupaten Sleman juga akan mengadakan doa bersama untuk mendoakan kelancaran ibadah haji di sana. Kami di sini hanya bisa mendoakan semoga bisa menunaikan semua rukun ibadah haji," katanya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sleman Sidik Pramono mengatakan tahun ini sebanyak 1.253 calon haji Sleman akan melakukan ibadah haji setelah antre kurang lebih selama 12 tahun.

"Jamaah calon haji tahun ini sudah mulai mendaftar pada tahun 2011, 2012 dan 2013. Jamaah calon haji dari Kabupaten Sleman ini akan diberangkatkan dalam enam kloter," katanya.

Ia mengatakan, keenam kloter jamaah Sleman, yaitu kloter 48 dengan jumlah jamaah haji sebanyak 353 orang dan 7 orang petugas haji masuk Asrama Haji Donohudan pada 24 Mei 2024.

Kemudian, kloter 50 dengan jumlah jamaah sama dengan kloter sebelumnya, yaitu 353 orang dan tujuh orang petugas haji masuk Asrama Haji pada 25 Mei 2024. Di tanggal yang sama juga, jamaah kloter 53 dengan jumlah 354 orang dijadwalkan masuk Asrama Haji Donohudan.

"Sedangkan sebagian jamaah calon haji Sleman masuk ke dalam kloter 54 yang berjumlah 112 orang bergabung dengan jamaah calon dari Kabupaten lainnya, dan dijadwalkan masuk Asrama Haji Donohudan pada hari ini," katanya.

Begitu juga untuk jamaah haji Sleman di kloter 81 dengan jumlah 41 orang, bergabung dengan jamaah asal Kota Yogyakarta dan dijadwalkan masuk Asrama Haji pada 2 Juni 2024.

"Terakhir, sebagian jamaah calon haji Sleman masuk dalam kloter 100 bergabung dengan jamaah calon haji asal Kulon Progo yang dijadwalkan masuk Asrama Haji pada 9 Juni 2024," katanya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement