Selasa 28 May 2024 10:47 WIB

Abu Ubaidah Jubir Al-Qassam Hamas Kerap Kutip Surat Al-Anfal Ayat 72, Begini Tafsirnya 

Surat Al Anfal bercerita tentang keutamaan jihad di Jalan Allah SWT

Rep: Fuji E Permana / Red: Nashih Nashrullah
Abu Ubaidah. Abu Ubaidah menjadi salah satu sosok yang disegani Israel.
Foto:

Golongan Kedua

Golongan kedua adalah kaum Anṣar di Madinah yang memeluk agama Islam, beriman kepada Nabi Muhammad SAW dan mereka berjanji kepada Nabi dan kaum Muhajirin akan bersama-sama berjuang di jalan Allah, bersedia menanggung segala risiko dan derita perjuangan, untuk itu mereka siap berkorban dengan harta dan jiwa. 

Nabi Muhammad SAW menanamkan rasa ukhuwah Islamiah antara kedua golongan ini sehingga kaum Anṣar memandang kaum Muhajirin sebagai saudara kandung, yang masing-masing golongan dapat mewarisi. 

Allah SWT memberikan dua sebutan kepada mereka, pertama, “Memberi tempat kediaman” dan kedua “Penolong” karena hal ini pula mereka dinamai “Kaum Anṣar.” Seakan-akan kedua golongan ini karena akrabnya hubungan telah menjadi satu, sehingga tidak ada lagi perbedaan hak dan kewajiban di antara mereka. Karena itu Allah telah menetapkan bahwa hubungan antara sesama mereka adalah hubungan karib kerabat, hubungan setia kawan, masing-masing merasa berkewajiban membantu dan menolong yang lainnya bila ditimpa suatu bahaya atau malapetaka. Mereka saling menolong, saling menasehati dan tidak akan membiarkan orang lain mengurus urusan mereka. Hanya dari kalangan merekalah diangkat pemimpin bilamana mereka membutuhkan pemimpin yang akan menanggulangi urusan mereka.