Rabu 29 May 2024 07:32 WIB

Tips Kesehatan Ini Viral di TikTok, Mana yang Sebaiknya Dikuti dan Diabaikan?

Tidak semua tips kesehatan di platform media sosial seperti TikTok bisa dipercaya.

Rep: Shelbi Asrianti / Red: Friska Yolandha
Sereal (ilustrasi). Tidak semua tips kesehatan di platform media sosial bisa dipercaya.
Foto: Dok. www.freepik.com
Sereal (ilustrasi). Tidak semua tips kesehatan di platform media sosial bisa dipercaya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidak semua tips kesehatan di platform media sosial bisa dipercaya. Sayangnya, kini banyak masyarakat mencari nasihat kesehatan lewat media sosial, seperti dari TikTok dan YouTube, alih-alih berkonsultasi dengan profesional kesehatan.

Peneliti klinis Francesca Jackson-Spence dari Barts Cancer Institute, Queen Mary University of London di Inggris, memiliki kekhawatiran terkait fenomena itu. Sebab, nasihat yang salah dan tidak datang dari pakar dan profesional berpotensi membahayakan.  

Baca Juga

"Itu juga dapat menyebabkan orang menunda perawatan medis karena mereka mengadopsi “tren TikTok” ketika gejala kesehatan tertentu pertama kali muncul," ujar Jackson-Spence, dikutip dari laman Telegraph, Rabu (29/5/2024).

Kalaupun ingin mencari informasi lewat media sosial, saran Jackson-Spence adalah memilih sumber yang bisa dipercaya, misalnya akun tenaga medis yang punya kredibilitas untuk berbagi pesan kesehatan. Jackson-Spence yang juga bertugas merawat pasien kanker itu membagikan sejumlah tren dan tips kesehatan di TikTok yang sebaiknya diabaikan.  

1. Air beras untuk menumbuhkan rambut

Menyemprotkan air rendaman beras ke rambut diklaim bisa memicu pertumbuhan rambut, sebab 'ramuan' itu mengandung asam amino seperti inositol. Jackson-Spence mengatakan ini tidak benar. Akumulasi air beras justru dapat mengiritasi kulit kepala dan berdampak negatif pada pertumbuhan rambut.  

2. Membuat sereal tanpa sereal

Ada tren membuat sereal tanpa sereal, yakni dengan mencampur berbagai buah beri dalam mangkuk, lalu tuangkan air kelapa. Menurut Jackson-Spence, tren ini bisa mendorong peningkatan makanan nabati dan mengurangi sereal ultraproses. Namun, perlu diingat untuk makan makanan lain selain buah demi gizi seimbang.

Minum air garam untuk....

 

 

 

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement