Rabu 29 May 2024 09:10 WIB

Pemkot Semarang Siapkan Pemindahan Lokasi Mal Pelayanan Publik

Pemkot Semarang mencari lokasi baru yang cocok untuk MPP.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu.
Foto: Republika/Bowo Pribadi
Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG — Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang, Jawa Tengah (Jateng) berencana memindahkan lokasi Mal Pelayanan Publik (MPP) agar lebih mudah dijangkau masyarakat. Pemkot Semarang masih mengkaji lokasi baru yang dinilai cocok untuk MPP.

Saat ini, MPP Kota Semarang berada di lantai 2 Terminal Tipe A Mangkang, yang dekat perbatasan wilayah Kabupaten Kendal. Menurut Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu, yang akrab disapa Ita, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng menilai lokasi MPP Kota Semarang terlalu jauh dari pusat kota, sehingga dapat menyulitkan akses masyarakat ataupun pelaku usaha.

“Namanya Mal Pelayanan Publik itu ya di tengah, seperti mal-mal begitu kan ya. Saya juga sudah sempat memberi masukan ke teman-teman DPMPTSP (Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu),” kata Ita, Selasa (28/5/2024).

Ita mengatakan, memang sudah ada wacana untuk memindahkan lokasi MPP Kota Semarang ke kawasan tengah kota. Terkait hal itu, pemkot berkoordinasi dengan Pemprov Jateng. “Kami sudah menyampaikan dan dari provinsi sudah memberikan arahan. Tapi, kami menunggu surat tertulis. Kemarin, sekitar dua minggu lalu, Pak Sekda Provinsi memberikan surat,” kata dia.