Rabu 29 May 2024 13:24 WIB

Jamaah Haji Usia 65 Tahun ke Atas Diimbau Manfaatkan Rukhsah

Sholat bagi jamaah haji lansia bisa dilakukan di mana saja di Tanah Haram.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Kehadiran gedung hotel di Area Masjid Nabawi bisa menjadi penanda bagi jamaah haji agar tidak tersasar.
Foto: Republika/Agung Sasongko
Kehadiran gedung hotel di Area Masjid Nabawi bisa menjadi penanda bagi jamaah haji agar tidak tersasar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pada musim haji 1445 H/ 2024 M, tercatat hampir 45 ribu atau tepatnya 44.795 jamaah haji dengan usia 65 tahun ke atas. Data tersebut terangkum dalam Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat).

Jika dirasiokan berdasarkan total kuota jamaah haji reguler, yaitu 213.320 orang, hampir 21 persen jamaah tahun ini kategori lansia. Jamaah lansia dengan usia 65 tahun ke atas pada Operasional Haji 1444 H/ 2023 M lalu, jumlahnya lebih dari 60 ribu jamaah.

Baca Juga

Dari data tersebut, anggota Media Center Kementerian Agama Widi Dwinanda mengatakan tahun 2024 ini Kemenag kembali mengusung semangat memberikan layanan terbaik bagi jamaah, khususnya mereka yang lansia dengan tagline Haji Ramah Lansia. Tidak hanya itu, tercakup di dalamnya adalah jamaah disabilitas.

"Dalam buku Tuntunan Manasik Haji dan Umroh Bagi Lansia yang diterbitkan Kementerian Agama disebutkan sejumlah kemudahan (rukhsah) bagi jamaah lansia dalam menjalani rangkaian ibadah hajinya," kata Widi saat menyampaikan keterangan resmi Kemenag di Jakarta, Selasa (28/5/2024).