Kamis 30 May 2024 06:19 WIB

Misi 'Mustahil' Super Hercules di Gaza yang Berhasil Dituntaskan

Tanggal 9 April 2024, untuk pertama kalinya, pesawat TNI AU terbang di langit Gaza.

Red: Erik Purnama Putra
Tim Satgas Kemanusiaan TNI AU sukses mengirimkan bantuan ke rakyat Gaza, Palestina.
Foto: Republika.co.id
Tim Satgas Kemanusiaan TNI AU sukses mengirimkan bantuan ke rakyat Gaza, Palestina.

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh Erik Purnama Putra

Pesawat Super Hercules C130J nomor ekor A-1340 sukses menjalankan misi kala menjatuhkan kotak bantuan berisi makanan dan minuman, obat-obatan, hingga pakaian untuk rakyat Gaza, Palestina. Rekaman video yang menayangkan detik-detik bantuan diterjunkan dari ketinggian 2.000 kaki menggunakan metode airdrop cargo delivery system (CDS) tersebut cukup memuaskan harapan publik Tanah Air.

Bantuan dari masyarakat dan pemerintah Republik Indonesia (RI) sebanyak 20 bundel logistik dengan total 3.200 kilogram (kg), akhirnya bisa disalurkan tepat sasaran. Adalah delegasi Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) yang mampu mengemban amanah tidak mudah dan berisiko tersebut.

Pesawat Super Hercules yang baru didatangkan dari pabrikan Boeing, Amerika Serikat (AS) pada pertengahan 2023, pun langsung dimanfaatkan untuk mendukung misi bertajuk 'Solidarity Path Operation'. Tidak mengherankan, kesuksesan tersebut membuat nama baik TNI AU terangkat lantaran teruji dalam menjalankan salah satu tugas operasi militer selain perang (OMSP).