Ahad 20 Aug 2017 11:30 WIB

Bendera Indonesia Terbalik Diduga Disengaja di SEA Games

Rep: Muhyiddin/ Red: Nur Aini
Bendera merah putih tampak dicetak terbalik di buku panduan SEA Games ke-29 di Malaysia.
Foto: Akun Instagram Imam Nahrawi
Bendera merah putih tampak dicetak terbalik di buku panduan SEA Games ke-29 di Malaysia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Hubungan Internasional, Muhyiddin Junaidi turut menyesalkan insiden terbaliknya bendera Indonesia dalam buku panduan resmi SEA Games 2017. Ia pun menduga ada unsur kesengajaan oknum dari panitia Malaysia.

"Kami sangat menyesalkan atas nama bangsa Indonesia dan organisasi Islam bahwa itu sebetulnya bukan hanya kesalahan tapi ada semacam unsur kesengajaan kalau saya melihat," ujarnya kepada Republika.co.id di Jakarta, Ahad (20/8).

Menurut dia, sebelumnya panitia pasti sudah mendapatkan pelatihan terhadap bentuk lambang negara-negara yang ikut kompetisi sepak bola terbesar se-Asia Tenggara tersebut. Karena itu, tidak mungkin jika hanya karena keteledoran belaka. "Kita berharap orang yang melakukan itu ditelusuri dan ditindak, apakah ada unsur kesengajaan atau tidak," ucapnya.

Karena, kata dia, kesalahan cetak bendera itu bisa merusak hubungan antara Indonesia dan negara-negara sahabat. Bahkan, kata dia, akan merusak citra Indonesia sebagai bangsa yang besar. "Dua faktor ini sangat penting karena bisa saja menciptakan instabilitas, ya akan mengalami gangguan kepercayaan itu," kata Kiai Muhyiddin.