Kamis 30 May 2024 16:33 WIB

Inisiatif Dekarbonisasi untuk Masa Depan Berkelanjutan dari BUMN Tuai Apresiasi

Prinsip program dekarbonisasi BUMN bertujuan mendukung penurunan gas rumah kaca.

Rep: Antara/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Malam penghargaan TOP CSR Awards 2024.
Foto: Dok. Bumn
Malam penghargaan TOP CSR Awards 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Menteri BUMN Erick Thohir dan Kementerian BUMN ingin memastikan Indonesia menjadi produsen energi hijau atau green power energy. Menurut Menteri BUMN, prinsip program dekarbonisasi BUMN bertujuan mendukung penurunan gas rumah kaca nasional yang meliputi Program Reduce-Emission-Initiatives, Program Build adjacent business-Initiatives, serta Program Explore "step-out" opportunities-Initiatives. Inilah yang disebut bagaimana harus merdeka berdaulat atas energi dan sumber daya alam Indonesia.

"Kementerian BUMN juga ingin memastikan Indonesia bukan hanya menjadi konsumen energi hijau atau green power energy namun juga produsen," ujar Erick Thohir, dikutip dari Antara, Kamis (30/5/2024). 

Baca Juga

Berangkat dari itu, aksi Peruri dalam menjalankan program dekarbonisasi seperti yang tertuang dalam roadmap Peruri Hijau dan secara khusus pada roadmap Pengurangan Emisi GRK, mengantarkan pada pencapaian yang membanggakan. Pada Rabu (29/5/2024), Peruri meraih penghargaan TOP CSR Awards 2024 dengan kategori TOP CSR Bintang 4 dan Top Leader on CSR Commitment 2024 yang diberikan kepada Direktur Utama Peruri, Dwina Septiani Wijaya. Penghargaan tersebut diterima oleh Ratih Sukma Pratiwi, Kepala Biro Strategic Corporate Branding & Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) di Hotel Raffles Jakarta.

TOP CSR Award 2024 mengusung tema “CSR & ESG Innovation Programs for Sustainable Business Growth” sebagai apresiasi terhadap perusahaan yang dinilai berhasil dalam menjalankan program CSR/TJSL yang efektif dan berkualitas, selaras dengan strategi bisnis perusahaan.