Jumat 31 May 2024 07:27 WIB

Pengamat: Pasangan Budi-Kaesang Berpeluang Unggul, Mewakili Kekuatan Prabowo-Jokowi

Budi-Kaesang dianggap bisa menyaingi kekuatan Anies di Jakarta.

Rep: Bayu Adji P / Red: Teguh Firmansyah
Poster Budisatrio bersama Kaesang Pangarep.
Foto: Tangkapan Layar
Poster Budisatrio bersama Kaesang Pangarep.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nama Budisatrio Djiwandono dan Kaesang Pangarep memeriahkan bursa calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub) Jakarta usai poster yang menampilkan dua orang itu viral di media sosial. Bahkan, pasangan itu dinilai bisa menyaingi Anies Baswedan, yang juga digadang-gadang kembali mencalonkan diri dalam pemilihan kepala daerah (pilkada).

Pengamat politik dari Universitas Al Azhar Ujang Komarudin mengatakan, Budi-Kaesang memiliki peluang untuk menang apabila benar-benar maju dalam pilkada Jakarta 2024. Bahkan, peluangnya sama dengan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies yang dikabarkan juga akan menjadi cagub Jakarta. 

Baca Juga

"Karena pasangan itu representasi Prabowo dan Jokowi. Mewakili pihak pemerintah, artinya yang didorong oleh pemerintah yang lama maupun yang baru," kata dia saat dikonfirmasi Republika, Kamis (30/5/2024).

Dalam konteks tersebut, peluang pasangan itu untuk menang di Jakarta cukup kuat. Mengingat, Budisatrio tak lain merupakan keponakan presiden terpilih Prabowo Subianto, sementara Kaesang merupakan anak dari Presiden Joko Widodo. "Saya melihat peluang unggulnya besar, karena didorong oleh kekuasaan tadi," ujar Ujang.