Jumat 31 May 2024 15:01 WIB

Sebagian Gen Z Jalani 'Kehidupan Ganda' di Dunia Nyata dan Dunia Maya

31 persen Gen Z merahasiakan kepribadian online mereka.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Friska Yolandha
Sebuah survei baru menemukan bahwa sebagian kalangan Gen Z menjalani
Foto: Antara/Septianda Perdana
Sebuah survei baru menemukan bahwa sebagian kalangan Gen Z menjalani "kehidupan ganda" di dunia nyata dan dunia maya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah survei baru menemukan bahwa sebagian kalangan Gen Z menjalani "kehidupan ganda" di dunia nyata dan dunia maya. Dalam penelitian yang dilakukan oleh OnePoll untuk Lenovo tersebut, banyak Gen Z merasa kepribadiannya di dunia nyata jauh berbeda dengan saat online.

Dikutip dari laman Independent, Jumat (31/5/2024), studi itu sebenarnya melibatkan 2.000 peserta yang merupakan warga Amerika lintas generasi. Para peserta mendiskusikan kebiasaan media sosialnya. Hasilnya, 46 persen Gen Z merasa punya "kehidupan ganda" seperti yang telah disebutkan.

Baca Juga

Ketika ditanya apakah "kepribadian online" itu dirahasiakan dari keluarga, 31 persen responden Gen Z menjawab "ya". Selain itu, 53 persen Gen Z merasa lebih nyaman dan mudah ketika berkomunikasi secara daring dibandingkan secara langsung.

Sebenarnya, hampir setengah dari seluruh responden lintas generasi mengatakan ada keterputusan antara diri mereka saat komunikasi daring dan saat bertatap muka. Akan tetapi, 68 persen dari responden yang menjawab itu adalah bagian dari Gen Z.