Jumat 31 May 2024 20:54 WIB

Bahlil: Peluang Menjadi Pengusaha Lebih Besar daripada Jadi PNS

Bahlil ingatkan seorang pengusaha harus memiliki karakter.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Muhammad Hafil
Menteri Investasi Bahlil Lahadalia.
Foto: Republika/ Dedy Darmawan
Menteri Investasi Bahlil Lahadalia.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mendorong mahasiswa untuk menjadi pengusaha. Bahlil meyakini peluang menjadi pengusaha lebih terbuka lebar ketimbang jadi PNS. 

Pernyataan tersebut disampaikan Bahlil saat kuliah umum pada Pembukaan Pra Kongres VIII Badan Eksekutif Mahasiswa Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama (BEM PTNU) se-Nusantara di Universitas Islam As Syafi'iyah, Bekasi pada Jumat (31/5/2024).

Baca Juga

“Peluang untuk menjadi pengusaha di bangsa ini masih sangat besar dibanding peluang menjadi PNS. Jumlah pengusaha kita baru 3,6 persen, negara maju itu harus double digit, Singapura sudah 11 persen, Amerika Serikat sudah 14 persen, Thailand-Malaysia sudah 6-7 persen," kata Bahlil dalam keterangannya pada Jumat (31/5/2024). 

Bahlil mengatakan untuk menjadi pengusaha sekarang tidak sulit. Sebab pemerintah menyediakan modal untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menegah (UMKM) sebesar 25 juta rupiah melalui kredit tanpa agunan. Lalu izin usaha dapat diurus melalui Online Single Submission (OSS) atau Sistem Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik.