Sabtu 01 Jun 2024 14:45 WIB

Kabel Fiber Optik di Yogya Ditata, Termasuk di Sumbu Filosofi  

Penyedia infrastruktur fiber optik telah menurunkan kabel fiber optik secara mandiri.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Fernan Rahadi
Tugu Pal Putih salah satu tempat yang termasuk dalam Sumbu Filosofi Yogyakarta di Yogyakarta.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Tugu Pal Putih salah satu tempat yang termasuk dalam Sumbu Filosofi Yogyakarta di Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta kembali menata infrastruktur pasif telekomunikasi jaringan kabel fiber optik di sejumlah jalan di Kota Yogyakarta. Penataan dilakukan dengan memindahkan jaringan fiber optik yang semula menggunakan kabel udara menjadi ditanam di bawah tanah dengan skema ducting. 

Penataan jaringan kabel fiber optik itu dilakukan di Jalan Veteran, Jalan Gambiran, Jalan Cik Di Tiro, Jalan Kenari, dan Jalan Ipda Tut Harsono. Penjabat Wali Kota Yogyakarta, Sugeng Purwanto mengatakan, penataan dilakukan sebagai salah satu upaya menciptakan estetika wajah Kota Yogyakarta, dan keamanan masyarakat.

Dikatakan Sugeng bahwa penataan dilakukan Pemkot Yogyakarta bekerja sama dengan penyedia infrastruktur fiber optik. Para penyedia infrastruktur fiber optik bahkan juga sudah menurunkan kabel fiber optik secara mandiri.

"Kami ucapkan terima kasih kepada semua provider. Konsep penataan jaringan ini sebenarnya merupakan bentuk dari komitmen Pemkot Yogyakarta dalam rangka untuk menata (kabel fiber optik)," kata Sugeng saat penataan jaringan kabel fiber optik di sekitar Kompleks Balai Kota Yogyakarta, Jumat (31/5/2024).