Ahad 02 Jun 2024 20:12 WIB

Qatar, Mesir, AS Desak Hamas-Israel Sepakati Proposal Gencatan Senjata

Perjanjian ini akan memberikan bantuan baik buat rakyat Gaza dan juga sandera.

Red: Teguh Firmansyah
Warga Palestina melihat kehancuran pasca serangan Israel yang menyebabkan para pengungsi tinggal di Rafah, Jalur Gaza, Senin, 27 Mei 2024.
Foto: AP Photo/Jehad Alshrafi
Warga Palestina melihat kehancuran pasca serangan Israel yang menyebabkan para pengungsi tinggal di Rafah, Jalur Gaza, Senin, 27 Mei 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL -- Qatar, Mesir dan Amerika Serikat meminta kepada Israel dan Hamas untuk menyepakati proposal perjanjian gencatan senjata. Demikian disampaikan dalam pernyataan bersama pada Sabtu (1/6)

“Sebagai mediator dalam diskusi yang sedang berlangsung untuk mencapai gencatan senjata di Gaza dan pembebasan sandera dan tahanan, Qatar, Amerika Serikat, dan Mesir bersama-sama menyerukan Hamas dan Israel untuk menyelesaikan perjanjian yang mencerminkan prinsip-prinsip yang diuraikan Presiden Biden," kata Kementerian Luar Negeri Qatar.

Baca Juga

Prinsip-prinsip ini menyatukan tuntutan semua pihak dalam sebuah kesepakatan yang melayani berbagai kepentingan. Prinsip perjanjian juga akan memberikan bantuan segera baik kepada masyarakat Gaza maupun para sandera dan keluarga mereka yang telah lama menderita.

Mereka lebih lanjut menekankan bahwa kesepakatan ini menawarkan peta jalan untuk gencatan senjata permanen dan mengakhiri krisis.