Selasa 21 May 2024 12:00 WIB

BPBD Kalsel Gelar Pelatihan Desa Tangguh Bencana

Kalsel merupakan salah satu daerah di Indonesia yang rentan terhadap bencana alam.

Red: Gita Amanda
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalimantan Selatan menggelar pelatihan bertajuk Desa Tangguh Bencana yang berlangsung di Desa Galumbang di Kecamatan Juai, Kabupaten Balangan, Selasa (21/5/2024).
Foto: Pemprov Kalsel
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalimantan Selatan menggelar pelatihan bertajuk Desa Tangguh Bencana yang berlangsung di Desa Galumbang di Kecamatan Juai, Kabupaten Balangan, Selasa (21/5/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARBARU -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalimantan Selatan menggelar pelatihan bertajuk Desa Tangguh Bencana yang berlangsung di Desa Galumbang di Kecamatan Juai, Kabupaten Balangan, Selasa (21/5/2024). Acara pelatihan tersebut dibuka langsung Kepala BPBD Provinsi Kalimantan Selatan R Suria Fadliansyah Bersama Tim Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) BPBD Provinsi Kalsel.

Dalam kesempatan tersebut Kepala BPBD Kalsel menyatakan, pelatihan Desa Tangguh Bencana sangat penting mengingat Provinsi Kalimantan Selatan merupakan salah satu daerah di Indonesia yang rentan terhadap bencana alam, termasuk banjir, kebakaran hutan, dan tanah longsor.

Baca Juga

"Desa Galumbang sendiri tidak terlepas dari ancaman tersebut. Oleh karena itu, pelatihan ini menjadi sangat penting untuk meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana,’’ kata Suria dihadapan Masyarakat Desa Galumbang.

Melalui pelatihan tersebut lanjutnya, dapat meningkatkan pengetahuan dan kesadaran Masyarakat sehingga dapat memberikan pemahaman tentang berbagai jenis bencana dan bagaimana menanggulanginya. Selain itu, melalui Desa Tangguh Bencana akan terbentuk desa yang siap menghadapi bencana dengan system manajemen bencana yang baik.

"Tidak kalah penting melalui kegiatan ini dapat mengoptimalkan peran serta Masyarakat dalam kegiatan mitigasi dan penanganan bencana,’’ jelasnya.

Adapun materi pelatihan yang diajarkan kepada masyarakat Desa Galumbang mencakup jenis bencana yang terjadi di Kalimantan Selatan, manajemen bencana mulai dari mitigasi, kesiapsiagaan, tanggap darurat hingga pemulihan. Selain itu juga diberikan Teknik evakuasi dan pertolongan pertama serta penggunaan alat-alat kebencanaan.

BPBD Provinsi Kalimantan Selatan berharap Masyarakat yang sudah mengikuti pelatihan ini menjadi lebih tanggap dalam situasi darurat, mampu memberikan pertolongan pertama kepada korban bencana serta terjalinnya koordinasi antara Masyarakat dan BPBD. Suria menambahkan, pelatihan ini merupakan langkah nyata dari BPBD Provinsi Kalimantan Selatan dalam membangun ketahanan Masyarakat terhadap bencana.

"Kita akan terus melakukan pelatihan seperti ini ke semua desa di Kalimantan Selatan,’’ ujarnya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement