Senin 03 Jun 2024 16:41 WIB

Prof Quraish Shihab Jelaskan Cara Islam Posisikan Lingkungan, Alam Raya Bagai Satu Tubuh

Quraish Shihab menjelaskan penafsiran ulama terkait alam semesta.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Erdy Nasrul
Cendekiawan Islam Indonesia Quraish Shihab.
Foto: Majelis Hukama
Cendekiawan Islam Indonesia Quraish Shihab.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Profesor Quraish Shihab dalam buku Islam dan Lingkungan: Perspektif Alquran Menyangkut Pemeliharaan Lingkungan menjelaskan pandangan Islam terhadap lingkungan hidup. Dalam buku tersebut KH Quraish Shihab mengutip beberapa pakar di antaranya pakar tafsir Muhammad Husain Thabathaba'i, yang menjelaskan bahwa alam semesta bagaikan satu tubuh, semuanya saling terkait dan saling mempengaruhi.

Dikatakan pakar tafsir tersebut, jika manusia telah sangat menyimpang dari jalan yang lurus dan melampaui batas tertentu, juga pada gilirannya akan memicu reaksi alam dan dampaknya negatif.

Baca Juga

Dijelaskan KH Quraish Shihab dalam bukunya terbitan Lentera Hati 2023, sebelum masuk menguraikan dengan sedikit rinci tentang pandangan Islam menyangkut lingkungan hidup dan aneka tuntunan dan solusi yang ditawarkannya guna menanggulangi atau paling tidak mengurangi aneka problema lingkungan. Maka terlebih dahulu wajar dikemukakan bahwa jauh sebelum terjadinya pencemaran sebagaimana yang dialami oleh manusia pada abad modern ini, kitab suci Alquran telah membicarakannya secara gamblang dan tegas sambil menjelaskan penyebab utamanya. 

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman: