Senin 03 Jun 2024 16:53 WIB

Permintaan Global Menguat, Aktivitas Pabrik di Asia Meningkat

Wilayah China menunjukkan tanda-tanda awal pemulihan.

Red: Friska Yolandha
Pengunjung melihat-lihat barang yang dipamerkan dalam Pameran Indo Leather & Footwear Expo 2023 di JlExpo, Kemayoran, Jakarta, Kamis (3/5/2023).
Foto: Republika/Prayogi
Pengunjung melihat-lihat barang yang dipamerkan dalam Pameran Indo Leather & Footwear Expo 2023 di JlExpo, Kemayoran, Jakarta, Kamis (3/5/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Survei swasta menunjukkan aktivitas pabrik di Asia meningkat pada bulan Mei karena produsen mendapat manfaat dari meningkatnya permintaan global. Ini menambah harapan pemulihan ekonomi berkelanjutan di wilayah di mana China menunjukkan tanda-tanda awal pemulihan.

Aktivitas manufaktur meningkat di Jepang untuk pertama kalinya dalam satu tahun dan di Korea Selatan dengan laju tercepat dalam dua tahun. Ini sebagian disebabkan oleh peningkatan di sektor otomotif dan semikonduktor, menurut survei.

Baca Juga

Survei Caixin swasta China juga menunjukkan aktivitas pabrik meningkat pada laju tercepat dalam dua tahun pada bulan Mei karena produksi yang kuat dan pesanan baru, sehingga menawarkan harapan pemulihan yang luas di Asia dan belahan dunia lainnya.

Angka yang kuat ini menunjukkan pemulihan di sektor manufaktur yang menopang pertumbuhan Asia dan meredam dampak volatilitas pasar yang disebabkan oleh ketidakpastian kebijakan moneter AS. Namun, beberapa analis berhati-hati terhadap prospek tersebut.

“Peningkatan aktivitas pabrik mungkin didorong oleh harapan bahwa produksi China akan meningkat di masa depan. Namun masalahnya adalah permintaan di negara tersebut tidak banyak membaik,” kata Toru Nishihama, kepala ekonom pasar berkembang di Dai-ichi Life Research Institute Jepang.

“Masih terlalu dini untuk menilai apakah perbaikan ini akan berkelanjutan, mengingat ketidakpastian mengenai kekuatan pasar besar seperti Tiongkok dan Amerika Serikat,” katanya.

Indeks manajer pembelian manufaktur (PMI) final au Jibun Bank Jepang naik menjadi 50,4 pada bulan Mei dari 49,6 pada bulan April, setelah terakhir kali naik di atas ambang batas 50,0 – yang memisahkan pertumbuhan dari kontraksi aktivitas – pada Mei 2023.

PMI Korsel juga naik....

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement