Senin 03 Jun 2024 17:32 WIB

Fakta Film Titanic yang tak Banyak Diketahui Penonton, Kate Winslet 'Nyogok' Sutradara?

Kate Winslet dikabarkan 'menyogok' sutradara Titanic agar memilihnya sebagai Rose.

Red: Qommarria Rostanti
Salah satu adegan di film Titanic. Ada beberapa fakta mengenai film Titanic yang tak banyak diketahui penonton.
Foto: Dok. 20th Century Fox
Salah satu adegan di film Titanic. Ada beberapa fakta mengenai film Titanic yang tak banyak diketahui penonton.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Titanic, film epik romansa bertema bencana karya James Cameron dinilai layak menjadi salah satu film terbesar sepanjang masa. Aktris dan aktor Kate Winslet dan Leonardo DiCaprio masing-masing berperan sebagai Rose DeWitt Bukater dan Jack Dawson.

Keduanya berakting sebagai dua kekasih bernasib sial yang menemukan romansa di kapal penumpang yang hancur sebelum menemui akhir yang tragis setelah menabrak gunung es. Film produksi tahun 1997 ini menjadi sebuah sensasi, memenangkan banyak sekali penghargaan, dan menjadi film terlaris sepanjang masa pada saat itu.

Baca Juga

Ada banyak hal sepele tentang film tersebut, termasuk hubungan dalam kehidupan nyata, pencapaian yang memecahkan rekor, kesalahan, dan bahkan sup krim kerang yang mengandung obat-obatan. Berikut ini beberapa fakta menarik tentang pembuatan film Titanic yang belum banyak penonton ketahui seperti dilansir laman Best Life, beberapa waktu lalu:

1. Titanic bukan film pertama tentang kapal Titanic

 

Ada banyak film tentang tenggelamnya Titanic sebelum film Titanic karya Cameron, terutama A Night to Remember tahun 1958. Namun, film pertama tentang tenggelamnya kapal yaitu sebuah film bisu berjudul Saved From the Titanic yang kini sudah hilang, ditayangkan perdana pada 16 Mei 1912. Film itu tayang hanya 31 hari setelah kapal aslinya tenggelam. Dorothy Gibson, aktor yang selamat dari tenggelamnya kapal, berperan sebagai dirinya sendiri dalam film tersebut.

2. Cameron menghabiskan lebih banyak waktu dengan Titanic dibandingkan penumpangnya

Cameron terkenal sangat menyukai penyelaman kapal selam di laut dalam. Dia pergi ke bangkai kapal Titanic sebanyak 33 kali untuk meneliti dan memfilmkan bangkai kapal tersebut. Karena semua penyelaman ini yang masing-masing membutuhkan waktu berjam-jam, dia menghabiskan lebih banyak waktu di Titanic dibandingkan kapten kapal sebenarnya, Edward Smith, yang melakukan pelayarannya.

3. Titanic membutuhkan biaya pembuatan yang lebih mahal dibandingkan Titanic yang sebenarnya

Dibutuhkan biaya 7,5 juta dolar AS untuk membuat kapal Titanic pada 1912, yang jika disesuaikan dengan inflasi hampir 250 juta dolar AS saat ini atau setara Rp 4 triliun. Jumlah tersebut lebih murah dibandingkan biaya pembuatan film tersebut, yang anggarannya sebesar 200 juta dolar AS pada 1997 setara dengan 390 juta dolar AS saat ini (sekitar Rp 6 triliun).

4. Perusahaan yang membuat karpet untuk kapal Titanic juga membuat karpet untuk filmnya

Produsen karpet tertua di Skotlandia, James Templeton & Co dan Stoddard International, membuat karpet untuk ruang tunggu kelas satu Titanic yang sebenarnya. Lebih dari 80 tahun kemudian, mereka membuat karpet yang sama untuk Titanic versi film.

 

5. Kate Winslet mengirimi Cameron bunga mawar untuk melobi peran tersebut

 

Aktris Gwyneth Paltrow dan Claire Danes sama-sama menolak tawaran untuk memerankan Rose. Sementara itu, Winslet harus berjuang keras untuk memastikan bahwa dia mendapatkan peran tersebut. Dia mengirimi Cameron bunga mawar dan sebuah kartu bertanda "From Your Rose" dalam upaya meyakinkan sutradara bahwa dia adalah aktris yang tepat untuk memainkan karakter utama. Winslet akhirnya meyakinkannya.

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement