Senin 03 Jun 2024 20:01 WIB

Calvin Verdonk dan Jens Raven, Dua Calon Penggawa Timnas Indonesia

Verdonk merupakan pemain jebolan akademi Feyenoord.

Red: Israr Itah
Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir mengatakan dua pemain liga asing Calvin Verdonk dan Jens Raven sedang dalam proses naturalisasi untuk memperkuat tim nasional (timnas) Indonesia.
Foto: Dok. PSSI
Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir mengatakan dua pemain liga asing Calvin Verdonk dan Jens Raven sedang dalam proses naturalisasi untuk memperkuat tim nasional (timnas) Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas Indonesia akan kembali kedatangan pemain naturalisasi. Saat ini, dua pesepak bola asal Belanda, Calvin Verdonk dan Jens Ravens, telah mendapatkan persetujuan dari Komisi X dan Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) untuk melanjutkan proses naturalisasi menjadi WNI.

Proses persetujuan naturalisasi keduanya terjadi pada rapat kerja bersama dengan Kementerian Hukum dan HAM dan Kementerian Pemuda dan Olahraga yang dipimpin Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (3/6/2024).

Baca Juga

Sebelum menjadi bagian timnas Indonesia, rekomendasi persetujuan dari Komisi X dan Komisi III DPR RI akan disampaikan dalam rapat paripurna DPR untuk diambil keputusan. Setelah rapat paripurna, Verdonk dan Raven akan menjalani sumpah di Kementerian Hukum dan HAM, dan kemudian akan mengurus kartu tanda penduduk (KTP) dan kartu keluarga guna mendapatkan paspor.

Berikut profil Calvin Verdonk dan Jens Ravens yang punya ikatan dengan Indonesia dari leluhurnya.

Calvin Verdonk

Pesepak bola bernama lengkap Calvin Ronald Verdonk punya ikatan dengan Indonesia karena ayahnya yang bernama Ronald Alting Siberg lahir di Meulaboh, Aceh pada 6 Februari 1958.

Verdonk yang lahir di Dordrecht, Belanda pada 26 April 1997 memiliki ibu Belanda bernama Tamara Verdonk yang juga lahir di Dordrecht pada 18 September 1975.

Verdonk merupakan pemain jebolan akademi Feyenoord. Karier profesionalnya dimulai pada April 2014 saat menandatangani kontrak bersama tim akademi klub itu.

Ia kemudian mencatatkan debutnya setelah hampir satu tahun, tepatnya pada 8 Maret 2015 saat membantu timnya menang 3-0 atas Excelsior Rotterdam.

Selama di Feyenoord, ia sering dipinjamkan ke klub lainnya, di antaranya PEC Zwolle (2016/2017), NEC Nijmegen (2017/2018), dan FC Twente (2019/2020).

Sebelum dilepas ke klub Portugal, Famalicao pada 2020, Verdonk tercatat memenangi Piala Belanda 2015/2016 dan Piala Super Belanda 2019 bersama  klub masa kecilnya itu.

Namun, di Portugal, ia hanya bertahan satu musim sebelum dipinjamkan ke Nijmegen pada 2021. Kontraknya dipermanenkan Nijmegen pada 2022.

Verdonk lebih sering bermain sebagai bek kiri. Namun, ia juga mampu untuk bermain di posisi lain seperti bek tengah seperti halnya Justin Hubner di timnas Indonesia saat ini.

 

Selain...

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا قِيْلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوْا فِى الْمَجٰلِسِ فَافْسَحُوْا يَفْسَحِ اللّٰهُ لَكُمْۚ وَاِذَا قِيْلَ انْشُزُوْا فَانْشُزُوْا يَرْفَعِ اللّٰهُ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مِنْكُمْۙ وَالَّذِيْنَ اُوْتُوا الْعِلْمَ دَرَجٰتٍۗ وَاللّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرٌ
Wahai orang-orang yang beriman! Apabila dikatakan kepadamu, “Berilah kelapangan di dalam majelis-majelis,” maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan, “Berdirilah kamu,” maka berdirilah, niscaya Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Mahateliti apa yang kamu kerjakan.

(QS. Al-Mujadalah ayat 11)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement