Selasa 04 Jun 2024 03:45 WIB

Lifter Nurul Akmal Dapat Tiket dari IWF Berlaga di Olimpiade Paris

Amel menjadi atlet ke-21 Indonesia yang lolos ke Olimpiade Paris 2024.

Red: Israr Itah
Lifter Indonesia Nurul Akmal
Foto: AP Photo/Aaron Favila
Lifter Indonesia Nurul Akmal

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia mendapatkan tambahan satu atlet yang akan berlaga di Olimpiade Paris. Atlet yang berhak terbang ke ibu kota Prancis itu adalah lifter putri andalan Indonesia Nurul Akmal.

Amel, sapaannya, memastikan lolos ke Olimpiade Paris berdasarkan keputusan International Weighlifting Federation (IWF) yang memberikan realokasi tiket. Amel menjadi atlet ke-21 Indonesia yang lolos ke Olimpiade Paris 2024.

Baca Juga

"Jika kelima benua terwakili dalam kategori berat badan, tempat kuota kontinental akan dialokasikan kepada atlet yang memenuhi syarat dengan peringkat tertinggi berikutnya dalam kategori berat (angkatan) yang sama (apa pun Benuanya), dengan menghormati kuota maksimum per-gender dan per-NOC," papar kata pelatih kepala Pelatnas Angkat Besi Dirdja Wihardja kepada pewarta, Senin (3/6/2024).

Sebelumnya dalam Kejuaraan Dunia Angkat Besi, yang merupakan Kualifikasi Olimpiade terakhir, di Phuket, Thailand, April lalu, Amel belum mampu memperbaiki total angkatannya. Lifter asal Aceh berhasil pada satu angkatan snatch dengan berat 107 kg, tapi gagal dalam tiga kesempatan angkatan clean and jerk.