Selasa 04 Jun 2024 12:54 WIB

Gerindra akan Usung Ridwan Kamil di Pilgub Jakarta 2024

Gerindra sudah berikan rekomendasi kepada Ridwan Kamil untuk maju di Pilkada Jakarta.

Red: Andri Saubani
Eks Gubernur Jabar sekaligus politisi Golkar, Ridwan Kamil.
Foto: Republika/M Fauzi Ridwan
Eks Gubernur Jabar sekaligus politisi Golkar, Ridwan Kamil.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan partainya menyiapkan mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk maju di Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta 2024. Keputusan itu setelah kader yang sebelumnya disiapkan yakni Budisatrio Djiwandono memutuskan tidak maju.

Dasco mengatakan, Gerindra sudah memberikan rekomendasi kepada Ridwan Kamil untuk maju di Pilkada Jakarta. Dia menilai partai-partai lain pun akan senada dalam hal mendukung Ridwan Kamil.

Baca Juga

"Bahwa soal posisinya Kang Emil, itu sudah Gerindra putuskan dan diberikan rekomendasi untuk maju di Pilkada DKI," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (4/6/2024).

Di samping itu, dia menjelaskan sebelumnya dukungan terhadap Budisatrio Djiwandono untuk maju di Pilkada Jakarta berdasarkan aspirasi-aspirasi yang ada. Namun menurutnya, Budisatrio telah menyatakan diri kepada pimpinan partai bahwa akan tetap fokus menjadi legislator di DPR RI.

Selain itu, dia mengaku unggahan foto pasangan Budisatrio Djiwandono dan Kaesang Pangarep untuk maju di Pilkada Jakarta melalui akun Instagram pribadinya merupakan bagian dari politik test water.  Namun dengan pernyataan Budisatrio itu, menurutnya Gerindra menyiapkan kader internal lainnya di Pilkada Jakarta. Selain itu, menurutnya Gerindra pun tetap mendukung Ridwan Kamil untuk Pilkada Jakarta, meski sosok berasal dari Partai Golkar.

Di samping itu, dia menyampaikan bahwa Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto pun telah bertemu dengan Ridwan Kamil beberapa waktu lalu. Menurutnya ada beberapa hal yang dibahas, salah satunya terkait dengan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN). 

"Terutama dari sisi planologi, sehingga dari diskusi-diskusi tersebut kemudian banyak hal yang Prabowo serap untuk pembangunan IKN ke depan," kata dia.

photo
Jadwal Pilkada Serentak 2024 - (Infografis Republika)

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement