Selasa 04 Jun 2024 16:09 WIB

Gerindra Dorong Emil Jadi Cagub Jakarta, Ini Sikap Partai Golkar

Gerindra tak jadi menyorong keponakan Prabowo untuk maju di Pilgub DKI.

Red: Teguh Firmansyah
Eks Gubernur Jabar Ridwan Kamil
Foto: Republika/M Fauzi Ridwan
Eks Gubernur Jabar Ridwan Kamil

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Teka-teki siapa yang akan dimajukan Golkar di Pilgub DKI masih belum terjawab. Meskipun nama Ridwan Kamil sudah mendapat dukungan dari Gerindra, tapi Golkar belum mengonfirmasi. 

Sekretaris Jenderal Partai Golkar Lodewijk F Paulus menyatakan, Golkar masih menunggu hasil survei terhadap Ridwan Kamil walaupun mantan Gubernur Jawa Barat itu sudah mendapatkan dukungan dari Partai Gerindra untuk maju di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta 2024.

Baca Juga

Ridwan Kamil yang merupakan kader Golkar, telah mendapatkan surat penugasan partai untuk maju di Pilkada Jawa Barat dan Pilkada Jakarta. Menurut dia peluang Ridwan Kamil di Jawa Barat cukup baik karena dinilai sebagai petahana.

"Pak RK (Ridwan Kamil) itu baru mendapatkan surat penugasan pertama. Jadi kita tunggu saja kira-kira perkembangan politik dengan hasil survei yang kedua," kata Lodewijk di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa.

Sejauh ini, dia menilai bahwa peta perpolitikan terkait dengan bakal calon kepala daerah masih cair. Dengan begitu, dia pun memahami bahwa ada pihak yang menginginkan Ridwan Kamil maju di Jakarta dan tetap di Jawa Barat.

"Setelah kita tahu (survei), kan masih ada survei lagi setelah dijodohkan dengan siapa, kira-kira kemungkinannya, elektabilitasnya seperti apa, nanti kita lihat," katanya.
 
Sebelumnya, Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan partainya itu menyiapkan mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang juga kader Golkar untuk maju di Pilkada Jakarta 2024. Nama Emil masuk setelah kader Gerindra sebelumnya yang disiapkan yakni Budisatrio Djiwandono memutuskan tidak maju.
 
Dia mengatakan bahwa Gerindra sudah memberikan rekomendasi kepada Ridwan Kamil untuk maju di Pilkada Jakarta. Dia menilai partai-partai lain pun akan senada dalam hal mendukung Ridwan Kamil di Jakarta.

"Bahwa soal posisinya Kang Emil, itu sudah Gerindra putuskan dan diberikan rekomendasi untuk maju di Pilkada DKI," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa.

 

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement