Selasa 04 Jun 2024 17:35 WIB

Pemilu India Pungkas, Muslim Makin Tersisih?

Perwakilan 200 juta Muslim India terus berkurang di parlemen.

Red: Fitriyan Zamzami
Seorang Muslim menunjukkan bekas tinta di jarinya setelah mencoblos pada pemilu tahap keempat India di Baba Nagri, timur laut Srinagar, Kashmir yang dikuasai India, Senin, 13 Mei 2024.
Foto: AP Photo/Rajesh Kumar Singh
Perdana Menteri India Narendra Modi mengoleskan pasta cendana saat peresmian Koridor Kashi Vishwanath Dham,di Varanasi, India, 13 Desember 2021.

Dalam hasil perhitungan sementara pemilu tahun ini, Narendra Modi hampir memegang kendali penuh atas politik India sejak berkuasa 10 tahun lalu, dengan satu pengecualian: wilayah selatan yang lebih kaya di negara itu.

Lima negara bagian di India selatan – Andhra Pradesh, Karnataka, Kerala, Tamil Nadu, dan Telangana – menyumbang sekitar 20 persen populasi dan 30 persen perekonomian negara tersebut. Mereka adalah jantung dari sektor manufaktur dan teknologi tinggi India. Mereka beragam secara etnis dan bangga multibahasa. Mereka memberdayakan perempuan dengan kesempatan pendidikan dan pekerjaan serta memiliki sejarah panjang politik progresif.

Tidak satupun dari mereka dikendalikan oleh Partai Bharatiya Janata yang dipimpin Modi – sebuah penolakan keras terhadap agenda nasionalis Hindu yang mendapat dukungan luas di India utara. Namun Modi telah melakukan sekitar 20 perjalanan tahun ini ke wilayah tersebut untuk mencoba meningkatkan dukungan.

Sementara di Uttar Pradesh, negara bagian terpadat di India, perhitungan sementara menunjukkan keunggulan awal yang mengejutkan bagi oposisi, meski sebelumnya dikuasai oleh partai nasionalis Hindu yang dipimpin Modi.